Sunday, January 29, 2023

Pembinaan Kesbangpol pada Pondok Pesantren di Lampung Dalam Pencegahan Radikalisme

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Lampung mengadakan pembinaan kepada pondok pesantren dalam tajuk pencegahan ektrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme untuk menjaga keutuhan NKRI.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kota Bandar Lampung, tepatnya di Hotel Emersia pada tanggal 28 November 2022 yang dihadiri oleh perwakilan ormas islam serta 100 pengurus dari pondok pesantren yang ada di Provinsi Lampung.

Ekstrimisme merupakan pemahaman agama yang berlebihan (yang tidak wajar) yang memiliki dampak memisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara, hal ini sering terjadi di pondok pesantren.

Sebagai upaya pencegahan maka di adakannya kegitan pembinaan ini.

Pengurus DPW LDII turut hadir dalam kegiatan tersebut beserta beberapa pengurus utusan pondok pesantren yang berada dalam naungan LDII seperti Ponpes Nurul Huda, Ponpes Baitusshodiq, Ponpes Al-Awwabin, Ponpes Khoirul Huda Metro, Ponpes Hidayatussolihin dan Ponpes Baitul Izza Pringsewu.

Baca Juga:  Pengajian FMI: Semangat Perjuangan Agama dan Manajemen Cinta

Kegiatan dalam Pembinaan Pondok Pesantren yang di helat pada hari Senin, 28 November 2022 tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kesbangpol Provinsi Lampung, Drs. Muhammad Firsada, M.Si dan memberikan sambutan kepada para hadirin.

drs muhammad firsada m.si
drs muhammad firsada m.si

“Kita harus menjaga keutuhan NKRI, dengan memberikan tauladan serta mengajarkan anak didik (santri) dalam beribadah sesuai tuntunan yang benar dan dalam kehidupan berbangsa mengikuti aturan yang telah di atur negara berdasarkan 4 konsensus” ajak Ketua Kesbangpol dalam Sambutannya.

Terlebih faham-faham atau doktrin-doktrin Radikalisme kini sangat mudah masuk, sehingga menjadi dampak negatif yang dapat merusak kerukunan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pengaruh tersebut sering dijumpai melalui media sosial.

Baca Juga:  Ka.Kesbangpol: Wawasan Kebangsaan Lahir, ketika Bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari penjajah.

Drs. Muhammad Firsada, M.Si juga berpesan kepada kita, supaya memiliki sifat moderat sehingga dapat menghargai cara beribadah orang lain dengan begitu dapat tercipta kerukunan dalam bermasyarakat.

kompol sumarna s.e densus lampung
kompol sumarna s.e densus lampung

Hadir juga Kompol Sumarna,S.E sebagai Satgaswil Densus Lampung sebagai salah satu narasumber yang menyampaikan tentang bahaya teriorisme, penyebab dan ciri-ciri yang terjadi di Indonesia.

Tanamkan Akidah, Syariah dan Akhlak kepada generasi muda dan santri-santri sebagai upaya menciptakan generasi bangsa indonesia yang baik dan cinta terhadap tanah air.

LDII ikut serta dan berkomitmen memberikan pembinaan terbaik kepada generasi muda melalui program pendidikan di Pondok Pesantren dan Sekolah Formal sehingga dapat menjadi generasi unggul yang bermanfaat bagi bangsa dan negara untuk menjaga keutuhan NKRI.

Berita Terkini

- Cek Website LDII -spot_img

Dakwah Islam

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.