oleh : Dian Palupi, S.Akt

Tak terasa ramadhan telah berjalan, dan bulan yang istimewa ini akan berakhir dalam beberapa hari kedepan. Lalu bagaimana dengan amalan-amalan kita? Bagaimana dengan 5 sukses ramadhan kita kali ini? Ramadhan membawa kita pada sebuah bulan yang mulia, di mana semua amalan-amalan kita dilipatgandakan. Nabi bersabda: “Jika datang bulan Ramadhan maka terbukalah pintu-pintu rahmat, tertutup pintu-pintu neraka dan para syaitan terbelenggu”.

Di bulan ramadhan, ada satu kewajiban yang juga termasuk dari 5 sukses ramadhan yang terakhir, yang tidak boleh ditinggalkan sekaligus menjadi penyempurna puasa kita dan amalan-amalan lainnya, yaitu zakat fitrah. Allah berfirman:

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرّٰكِعِيْنَ

“Tegakkanlah shalat dan bayarlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk”. QS. Al-Baqarah: 43.

Menunaikan zakat fitrah diwajibkan bagi setiap muslim, di segala usia.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: «فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى العَبْدِ وَالحُرِّ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى، وَالصَّغِيرِ وَالكَبِيرِ مِنَ المُسْلِمِينَ، وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلاَةِ» رواه البخاري فى كتب الزكاة

Diriwayatkan dari ibn Umar RA, Nabi mewajibkan zakat fitrah satu sho’ dari kurma atau satu sho’ gandum atas budak, orang merdeka, laki-laki, perempuan, anak kecil dan orang tua dari orang Islam. Dan Nabi memerintahkan agar zakat tersebut diserahkan sebelum manusia keluar melaksanakan shalat Ied.

Berdasarkan hadist di atas, bentuk zakat fitrah berupa bahan makanan sehari-hari yang ada di tempat tersebut, seperti beras, jagung, gandum, atau bahan makanan pokok lainnya. Besarnya zakat yang diberikan sebanyak 1 sok atau dalam kilogram kira-kira sebesar 2,7 kg per orang. Adapun jika berupa uang, besarnya uang disesuaikan dengan harga umumnya bahan pokok di tempat tersebut, tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal.

Hakikinya, menunaikan zakat fitrah tidak hanya untuk menggugurkan kewajiban kita semata. Tetapi, melalui zakat fitrahlah sebagai pembersih dari perbuatan-perbuatan kita yang kurang baik. Said ibn Musayyab dan Umar ibn Abdil Aziz RA telah berkata tentang firman Allah: “Sungguh telah beruntung orang yang membersihkan diri (zakat fitrah)”. QS: Al A’la: 14.

Pun juga, sebagai seorang muslim yang menyayangi sesama muslim yang lain, zakat fitrah hendaknya menjadi sebuah sarana untuk kita saling berbagi kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu.

Nabi pernah bersabda, “Sesungguhnya Rabb kalian berfirman: Setiap kebaikan diberi pahala sebanyak sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat….”.

Yuk sama-sama berlomba-lomba dalam kebaikan. Mari semangat menabung pahala dan mamanfaatkan waktu dihari-hari terakhir ramadhan ini. Jangan lupa tunaikan zakat fitrah sebelum waktu berakhirnya, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.