Sempurnakan Puasa Ramadhan dengan Puasa Syawal

1
214

Puasa ramadhan telah berlalu. Kita semua sebagai umat Islam telah selesai menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Alhamdulillah kita pun telah merayakan hari kemenangan yaitu hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah.  Atas anugerah Allah lah selama bulan ramadhan tersebut kita telah mampu melewati berbagai macam godaan dalam menjalankan puasa dengan menahan haus dan lapar, juga menahan hawa nafsu kita. Setelah ibadah-ibadah telah dilakukan, kita disempurnakan lagi dengan mensucikan diri melalui membayar zakat fitrah.

Sebagai umat Islam yang mempunyai kefahaman agama, hendaklah kita senantiasa menjalankan ibadah yang telah Allah dan Nabi perintahkan. Supaya setiap apa-apa yang kita kerjakan akan menjadi tabungan pahala yang banyak.

Meskipun di tengah-tengah kegiatan yang padat serta kesibukan kita sehari-hari hendaknya kita tetap bisa mengambil waktu khusus untuk menjalankan ibadah-ibadah. Selalu berusaha terus-menerus melanjutkan amalan-amalan kita. Satu amalan ke amalan yang lain. Satu kebaikan disambung dengan kebaikan lain. Ketika kita telah selesai melakukan suatu amalan, dilanjutkan dengan amalan berikutnya.

Sebagaimana Allah telah menerangkan di dalam Al Quran: “Maka apabila kamu telah selesai (dari satu urusan) kerjakanlah dengan sungguh (urusan ibadah) yang lain“. (QS. Alam Nasroh ayat 7).

Untuk itu sudahkah kita menyambung ibadah puasa wajib di bulan ramadhan dengan berpuasa sunnah di bulan syawal ini? Adakah yang sudah mulai mengerjakannya? Atau baru akan berencana berpuasa, atau bahkan sudah selesai hingga 6 hari?

Telah dijelaskan dalam hadist himpunan kitabu shoum, dari Abi Ayyub Al-Anshary, sesungguhnya ia bercerita kepada Umar Bin Tsabit, sesungguhnya Rasulullah pernah bersabda: “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian mengikutkan puasa enam hari di bulan Syawal, ia seperti orang yang berpuasa selama satu tahun”.

Berdasarkan hadist di atas berarti bahwa sungguh besar pahala seseorang yang telah berhasil menyelesaikan puasanya di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh lalu menyambungnya dengan berpuasa 6 hari di bulan Syawal.

Keutamaan Puasa Syawal

Diterangkan bahwa, selama bulan ramadhan puasa kita dilipatgandakan sebanyak 10 kebaikan. Itu artinya, selama 30 hari kita telah mendapatkan 300 kebaikan. Lalu ketika kita melanjutkan puasa 6 hari di bulan Syawal ini kebaikan pun akan dilipatkandakan menjadi 60. Maka cukuplah pahala yang kita dapatkan sebanyak 360 kebaikan yaitu sebagaimana kita berpuasa selama satu tahun penuh.

Dalam praktik menjalankan puasa syawal yaitu dengan cara puasa berturut-turut selama 6 hari dan bisa juga dengan bertahap atau terpisah-pisah. Puasanya bisa di awal bulan maupun akhir bulan.

Misalnya saja dilaksanakan di akhir bulan ketika kadang kita masih ingin menikmati hari-hari tidak puasa selama bersilahturahhim. Atau contoh lain, yaitu di awal bulan dilaksanakan beberapa hari setelah hari raya Idul Fitri.

Cara puasa syawal boleh lebih dulu dikerjakan ataupun setelah mengganti utang puasa wajibnya.

Seperti pada perempuan yang haid selama bulan Ramadhan, maka hari-hari tidak berpuasanya tersebut tentu saja harus diganti. Nah kita bisa mengganti puasa wajibnya pada bulan syawal ini juga atau boleh saja dikerjakan setelah menyelesaikan 6 hari puasa syawalnya (puasa syawal dahulu baru mengganti utang puasa wajib).

Dalam prakteknya, dapat pula dilakukan dengan berpuasa 1 hari yang diniatkan untuk memulai mengganti puasa wajib yang ditinggalkan. Lalu dilanjutkan dengan niat berpuasa syawal selama 6 hari di dalam bulan syawal ini. Kemudian, ketika telah selesai puasa syawal, bisa dilanjutkan mengganti kekurangan puasa wajibnya atau bisa juga diganti dengan puasa di bulan-bulan lain.

Sungguh-sungguh Allah telah menyediakan pahala yang besar untuk orang-orang yang mau mengerjakan kebaikan.

Oleh karena itu, apabila kita ingin mendapatkan pahala yang begitu besar dari ibadah puasa kita, mari menyambung puasa Ramadhan dengan puasa enam hari di bulan Syawal ini. Semoga Allah memberikan kesempatan dan kemampuan bagi kita semua untuk meraih pahala puasa setahun penuh. Dan semoga Allah dapat memberikan pengampunan dan menjadikan kita tergolong orang-orang yang mendapat kemenangan. Ayo puasa syawal. Ayo menyambung kebaikan.

Penulis : Dian Palupi – LINES Lampung

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.