Santri LDII Meriahkan ‘Millennial Road Safety Festival’ di Kediri

0
383

Ribuan generasi millenial yang memadati sepanjang jalan Basuki Rakhmad, Kota Kediri. Massa itu mengikuti jalan sehat yang merupakan puncak acara dari Safari Millennial Road Safety Festival (MRSF), Minggu (17/2). Di antara mereka ada ratusan santri Ponpes Wali Barokah yang juga turut meramaikan acara jalan sehat tersebut.

Kegiatan MRSF dilaksanakan sebagai upaya memberikan pengetahuan kepada kalangan millenial di kota Kediri untuk selalu tertib berlalu lintas di jalan umum. Selain itu juga bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang setiap tahunnya selalu meningkat.

Sebelum diberangkatkan, para peserta ini mengikuti apel besar Millenial Road Safety Festival terlebih dulu. Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu yang menjadi inspektur upacara apel besar mewakili Walikota Kediri, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya seluruh rangkaian acara MRSF.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Kota Kediri saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya seluruh rangkaian acara ini dan jalan sehat ini merupakan puncaknya,” ujarnya.

Dikatakan oleh Sunu, jalan santai bersama mengingatkan pentingnya hidup sehat juga lebih menyadarkan agar memperhatikan keselamatan saat berkendara. Karena data angka lakalantas pada 2018 sekitar 75.000 peristiwa dan Jawa Timur menyumbang sekitar 24.000 kecelakaan. Dimana 5.000 jiwa dari angka tersebut, sebanyak 3.176 adalah generasi millenial.

Di Kota Kediri berdasarkan data dari Polresta Kediri, jumlah kecelakaan mencapai sebanyak 618 kejadian dan angka 412 atau 67 persen kejadian melibatkan usia 15-35 tahun.

“Melalui acara ini, saya berharap generasi millenial dapat menjadi pelopor keselamatan lalu lintas, karena di Kota Kediri ini masih banyak anak sekolah yang mengendarai sepeda motor,” jelasnya.

Budwi Sunu lebih lanjut menjelaskan, Pemerintah Kota Kediri menyediakan fasilitas bus sekolah gratis, subsidi BBM untuk angkutan kota serta ada juga ‘Rute Aman Selamat Sekolah’ (RASS). Dengan harapan dapat mengurangi penggunaan sepeda motor sehingga angka kecelakaan lalu lintas di Kota Kediri dapat berkurang.

“Silakan manfaatkan fasilitas yang sudah disediakan pemerintah Kota Kediri ini dengan sebaik-baiknya. Saya juga berpesan kepada para kaum millenial agar mematuhi rambu lalu lintas dan memperhatikan aturan berlalu lintas dengan melengkapi surat kendaraan dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Usai apel besar Budwi Sunu membacakan Deklarasi Keselamatan Berlalu Lintas yang diikuti ribuan peserta. Kemudian dilanjutkan memberangkatkan jalan sehat bersama Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Hariyadi dan Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol (Kav) Dwi Agung Sutrisno.

Pada puncak acara peserta jalan sehat dihibur stand up comedy yang dilakukan oleh komika asal kota Blitar Dodit Mulyanto. Aksi stand up comedy yang dilakukan dodit mengocok perut kaum millenial dengan penampilan kocaknya. Acara ditutup dengan yel-yel para milenial & pembagian beberapa doorprise. Alhamdulillah santri Wali Barokah ikut senang karena juga mendapatkan kulkas, sepeda, dan puluhan doorprise lainnya. (Mzda/rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.