Sunday, April 14, 2024

Sako SPN Gelar Upacara HUT Pramuka ke-62, Bentuk Karakter Tanamkan Nilai-nilai Luhur Pancasil

Lampung Selatan, (14/8). Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara ( Sako SPN) tingkat Daerah Lampung, bekerjasama dengan Perguruan Tri Sukses, Natar menyelenggarakan upacara HUT Pramuka ke 62 tahun 2023 dipusatkan di Pondok Pesantren Nurul Huda, Natar Lampung Selatan, 14/8/2023.

Bertindak sebagai pembina upacara Kak Drs. Heri Sensustadi ketua pimpinan SAKO SPN tingkat Daerah Lampung, diikuti seluruh perangkat perguruan Tri Sukses; pengurus Sako, Para Mabigus, guru Pembina Pramuka, guru Ponpes, Karyawan, para santri yang tergabung dalam satuan komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara.

Melalui tema ini, Pramuka ingin mengajak para anggotanya untuk mengembangkan diri secara optimal dan menjadi sosok yang profesional dalam segala aspek, sambil tetap menjaga proporsionalitas dalam tindakan dan sikap.

Baca Juga:  Songsong Era Revolusi Industri 4.0, Ini 3 Hal Prioritas Sako SPN

Dalam amanatnya Kak Heri Sensustadi mengatakan HUT Pramuka ke 62 mengambil Tema “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional” memberikan pesan yang kuat tentang pentingnya pengembangan diri dan sikap yang terukur. Profesionalisme merujuk pada kemampuan untuk menjalankan tugas dengan kualitas tinggi, disiplin, dan tanggung jawab. Sementara itu, proporsionalitas mengingatkan kita untuk menjaga keseimbangan antara tindakan yang diambil dengan nilai-nilai kebaikan dan norma yang ada, tegas Heri juga sekretaris DPW LDII Provinsi Lampung.

“Anggota Pramuka diharapkan menjadi generasi yang disiplin, tanggung jawab, kreatif, inovatif, dan berintegritas, dapat mengimplementasikan nilai – nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari”.

Masih kata Heri dalam menghadapi tantangan global, seperti pengaruh penggunaan narkoba yang semakin masif, tawuran antar pelajar, pembullyan/ perundungan dll, dalam membentengi tantangan di atas anggota Pramuka harus membekali diri dengan menjadi generasi yang alim & Faqih, berakhlak luhur dan mandiri, dengan dilandasi 6(enam) tabiat luhur (jujur, amanah, kerja keras dan hemat, saling rukun, kompak, dapat menjalin kerjasama), tegas Heri.

Baca Juga:  Tanamkan Semangat Pramuka Sejak Dini, SAKO SPN Rajabasa Gelar Persami

Dalam upacara juga dilakukan pemberian PIN tahunan kepada anggota Pramuka penegak dan penggalang yang berprestasi dan berintegritas dalam menjalankan pengabdiannya.

Berita Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

- Daftar Website Resmi LDII -spot_img

Dakwah Islam