Pentas Seni antar umat Beragama, Ketua DPW LDII: Seni Jadi Jembatan Berbagi Pesan Kebaikan Antar Agama

Date:

Bandarlampung (28/10) .  Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung bekerjasama dengan Pemerintah Kota Provinsi Lampung menggelar Pentas Musik dan Seni Pemuda Lintas Agama di Balai Keratun, Bandarlampung. Pagelaran ini dibuka dan diresmikan secara langsung oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Dalam acara pentas tersebut, Ketua DPW LDII Lampung, Muhammad Aditya, mengungkapkan perasaan senangnya dengan berbagai tampilan seni khas lima agama yang ada di Lampung.

“Yang jelas kami excited,surprised, dengan acara ini. Bentuk nyata kerukunan dan keharmonisan antar agama memang butuh hal-hal seperti ini. Seni bisa dijadikan jembatan bagi satu agama dengan yang lain untuk saling berbagi pesan moral karena masing-masing agama pasti punya ciri khas kebaikan yang bisa ditularkan ke agama lain.”

Ia mengungkapkan rasa bangga LDII Lampung sebab terlibat dalam acara ini. Pria yang akrab disapa dr. Adit itu juga menyampaikan harapannya terhadap LDII Lampung dalam andil menegakkan kerukunan beragama di masa mendatang.

Baca Juga:  Chriswanto Santoso, terpilih sebagai Pj Ketum DPP LDII hasil Rapimmas LDII 2020

“Karena FKUB ini dasarnya adalah forum komunikasi, jadi kami mendorong teman-teman LDII di tingkat DPD, PC, dan PAC yang memiliki tetangga atau hidup di lingkungan yang dihuni oleh umat selain Islam untuk mengomunikasikan pesan-pesan moral kerukunan umat beragama yang ada di FKUB.”

Gubernur Arinal Djunaidi Membuka Pentas Seni Antar Umat Beragama

Ketua FKUB Provinsi Lampung, Moh. Bahruddin, mendorong para pemuda lintas agama sebagai penerus bangsa untuk memiliki paham agama yang moderat dan memiliki tingkat toleransi yang tinggi terhadap sesama umat beragama.

“Sebagai pemegang tongkat estafet penerus bangsa, para pemuda lintas agama jangan sampai memiliki paham-paham yang tidak moderat. Moderasi agama yang kita gaungkan ini tidak cukup hanya di dalam ruangan saja. Justru simbol-simbol moderasi dan toleransi kita tonjolkan dalam tampilan-tampilan berupa seni.”

Bahruddin menambahkan penjelasannya mengenai pemilihan pentas seni dalam rangka meningkatkan moderasi dan toleransi beragama sebab seni berperan sebagai media penyampai yang bersifat netral dan universal.

“Kenapa (kita gelar pentas) seni? Karena seni itu (sifatnya) netral dan universal, enggak terikat dengan agama-agama. Sehingga itulah alat paling mudah untuk mempersatukan umat. Semua orang menyukai seni, yang pasti memiliki ciri khas masing-masing termasuk seni di tiap agama.”

Baca Juga:  Liga Mini Soccer Lintas Agama Pertama di Indonesia, Sekretaris DPW LDII Lampung: Contoh yang Baik untuk Kerukunan Umat

Pentas Seni dan Musik Pemuda Lintas Agama ini direncanakan akan digelar tiap tahun. Hal ini merupakan anjuran yang ditekankan oleh Gubernur Lampung, dengan harapan bisa diselenggarakan lebih meriah lagi di kawasan outdoor sehingga dampak kerukunan dan positifnya bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Pentas Seni dan Musik Lintas Agama menampilkan lima macam seni sebagai perwakilan lima agama yang ada di Lampung. Penampilan pertama oleh Seni Tabuh Baleganjur sebagai representasi umat Hindu, dilanjutkan yang kedua oleh Seni Islami Hadroh dan Pantun Muslim, lalu penampilan Medley Nusantara sebagai representasi umat Katolik, Nyanyian Perdamaian oleh umat Kristen, Tari INLA (International Nature Loving Association) sebagai representasi umat Buddha, dan ditutup dengan penampilan tambahan oleh kelompok Marawis Polda Lampung. (AG/Lines Lampung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Share post:

spot_imgspot_img

Popular

Dakwah Islam

More like this
Related

Sako SPN Tingkat Daerah Lampung serahkan Bantuan Kemanusiaan Gempa Bumi Cianjur

Bandarlampung (1/12) . Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) melalui...

Ketua LDII Lampung Ajak Para Pemuda Menjaga Kerukunan Dalam Keberagaman

Bandar Lampung (19/11). Ketua DPW LDII Lampung H. M....

Silaturahmi DPW LDII Dengan Ketum MUI Lampung, Ketum MUI: Bangun sinergi dalam pembinaan umat.

Bandar Lampung (20/11). Silaturahmi DPW LDII dengan Ketua Umum...

Tanamkan Cinta Alam Ke Santri, Walaupun di Dalam Ruangan

Bandar Lampung (14/11). Tanamkan nilai-nilai pancasila dan cinta lingkungan,...