MTQ Ke 46 : Tingkatkan Budaya Literasi Alquran

0
115

Bandar Lampung, Jumat (27/4) – Dalam rangka menumbuh kembangkan kecintaan terhadap Alquran dan budaya literasi Alquran dan meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Alquran, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ)  bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Lampung menggelar kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke – 46 tingkat Provinsi Lampung di Islamic Center, Rajabasa, Bandarlampung. Kegiatan tersebut akan di laksanakan selama sepekan terhitung dari tanggal 26 April – 1 Mei 2018.

Menurut laporan ketua panitia kegiatan yang  bertema “Melalui MTQ tingkat provinsi lampung ke – 46 tahun 2018, kita tingkatkan budaya literasi Alquran dan internalisasi nilai – nilai luhurnya dalam kehidupan sehari – hari dalam semangat ukhuwah islamiah menuju Lampung yang bermartabat” tersebut diikuti oleh 15 kabupaten/ kafilah dengan jumlah peserta sebanyak 552 orang 120 dewan hakin dan 10 pengawas.

Dalam sambutanya Pjs. Gubernur Lampung Didik Suprayitno mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin dan tradisi tahunan yang sudah melekat dalam budaya bangsa Indonesia khususnya Provinsi Lampung.

“MTQ merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi dan melekat dalam budaya kultur masyarakat dan budaya bangsa kita, kegiatan ini memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat”, kata didik.

Selain itu, didik suprayitno berharap kegiatan MTQ ini bisa menambah kualitas dan kuantitas keimanan kepada alloh SWT. “ saya berharap dengan pelaksanaan MTQ yang berlangsung puluhan tahun dan dilaksanakan dengan berbagai tingkatan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas keimanan kepada Alloh SWT. Kepada para dewan hakim agar dapat menjaga integritasnya karena peranya yang begitu krusial dalam pelaksanaan MTQ ini, karena kita akan menjaring asset – asset Lampung yang akan berkancah di level Nasional”, Harap didik.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPW LDII Prov. Lampung Dr. M. Aditya, M. Biomed mengatakan pentingnya meningkatkan budaya literasi alquran sebagai  media dakwah yang tak lekang oleh zaman.

“Alquran sudah menjadi media dakwah para Ulama sejak 1400 tahun lalu, sampai saat ini pun Alquran masih relevan dengan kehidupan kita. Dengan segala keindahan dan syarat ilmu sangat penting bagi generasi sekarang untuk meningkatkan budaya literasi Alquran agar nilai – nilai luhur nya tetap terjaga, apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi bulan suci Ramadhan, yaitu bulan dimana segala sesuatunya di lipat gandakan termasuk pahala membaca Alquran”, Ujarnya.

Kegiatan pembukaan MTQ Ke – 46 Tingkat Provinsi lampung tersebut di hadiri oleh Pjs. Gubernur Lampung Didik Suprayitno, Forkompimda Prov. Lampung, Bupati dan Walikota Se- Prov. Lampung, Kepala Kantor Kementerian Agama Prov. Lampung,  Instansi Vertikal, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Pemuka Masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.