Marak Corona, MUI Lampung Keluarkan Maklumat

0
88

Bandar Lampung – Mencermati pandemi virus corona (Covid-19) yang saat ini telah menyebar di beberapa wilayah Indonesia, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinisi Lampung KH Khairuddin Tahmid, MH mengajak masyarakat khususnya seluruh umat Islam untuk senantiasa berdo’a dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu, umat Islam harus memperbanyak taubat dan berdo’a mohon ampun agar terhindar dari musibah ini. “Seluruh elemen masyarakat untuk tetap tenang, bersatu, mengedepankan sikap saling membantu, jangan saling menyalahkan atau berbantahan,” imbaunya.

Apalagi saat bermedia sosial, kiyai Khairuddin sapaan Ketum MUI Provinsi Lampung mengingatkan masyarakat untuk tidak menyebarkan berita bohong/hoaks atau informasi yang belum jelas kebenarannya. Semua harus bersama-sama melakukan ikhtiar dan upaya untuk menangkal dan meminimalkan potensi penyebaran virus corona, bukannya menambah masalah lainnya.

Ulama, kiyai, dan tokoh agama serta masyarakat juga harus pro aktif memberikan ketenangan dan ketentraman melalui tausiyah-tausiyah yang menyejukkan. Para ulama harus berperan menenangkan, bukan mudah termakan hoaks sehingga menimbulkan kegelisahan dan keresahan.

Dekan Fakultas Syari’ah UIN Lampung ini juga mengajak umat Islam agar senantiasa teguh pada pola hidup Islami yakni dengan makanan, minuman, pakaian dan muamalah yang baik demi meraih ridha dan perlindungan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 168 yang artinya: Wahai manusia, makanlah apa yang Kami ciptakan di bumi dari segala yang halal yang tidak Kami haramkan dan yang baik-baik.

“Selain itu, berbaik sangka dan percaya sepenuhnya kepada kebijakan pemerintah serta mendukung upaya-upaya terkait pencegahan dan penanganan penyebarluasan virus corona (Covid-19) di Indonesia,” ujar KH Khairuddin.

Melalui keterangan tertulis via WhatsApp, Minggu (15/3). Ketua DPW LDII Provinsi Lampung dr. H. M. Aditya, M.Biomed juga berpesan kepada warga LDII, “harus menjaga kesehatan diri seperti mencuci tangan sebelum makan, senang berolahraga, serta sabar menghadapi cobaan ini. Insyaallah, Allah akan segera menghilangkan virus covid-19 di Indonesia”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.