Sunday, June 23, 2024

LDII Ikuti Dialog Pemuda Nusantara oleh BNN RI

Bandar Lampung (18/10). Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Lampung juga sebagai wakil ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Heri Sensustadi mengikuti Dialog Pemuda Nusantara oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) di Ballroom Swissbell Hotel, Bandar Lampung, Rabu 18 Oktober 2023.

Acara yang bertema “War on Drugs menuju Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba)” tersebut dihadiri Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika, Kepala BNN Provinsi Lampung Brigjen Pol. Budi Wibowo, unsur Forkopimda, dan berbagai perwakilan pelajar, mahasiswa, FPK, Ormas, dan organisasi penggiat anti Narkoba.

Dalam laporannya Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Richard M Nainggolan mengatakan, Lampung dipilih menjadi lokasi dialog pemuda nusantara karena tercatat memiliki 874 kawasan rawan.

“Provinsi Lampung dipilih menjadi lokasi dialog pemuda nusantara kali ini karena berdasarkan data Indonesia Drug Report 2023, di Provinsi Lampung tercatat memiliki 874 kawasan rawan dan menempati urutan ke 3 provinsi di Indonesia dengan kawasan rawan terbanyak setelah Sumatera Utara dan Jawa Timur,” ungkap Richard M Nainggolan.

Baca Juga:  Persinas Asad Kota Bandar Lampung Menggelar Tiga Tingkat Ujian Kenaikan

“Selain itu, dengan banyaknya kader gerakan mahasiswa dan organisasi masyarakat yang peduli akan bahaya narkoba, maka deputi bidang pencegahan menyadari bahwa kegiatan ini bisa menjadi bentuk kampanye Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) secara masif,” jelasnya.

Sementara Kepala BNN, Komjen Petrus Reinhard Golose mengatakan, Lampung merupakan tempat persinggahan peredaran gelap narkoba. “Lampung adalah tempat lewat (peredaran narkoba), sehingga banyak pengungkapan yang dilakukan baik oleh Polda dan BNN di Provinsi Lampung,” ucap Komjen Petrus.

“Itu karena Lampung ini adalah jalur daripada narkotika, khususnya ganja yang berasal dari Aceh dan Sabu yang berasal dari Myanmar dan juga golden,” jelasnya.

Petrus melanjutkan, safarinya ke Lampung menjadi provinsi terakhir di Sumatera dalam rangka meningkatkan ketahanan dan bagaimana perlawanan dari rakyat sebanarnya.
“Jadi kami BNN merupakan leading institusi untuk penanganan penanggulangan narkotika tetapi selalu bekerja sama terutama dengan Pemda dan tentunya kepolisian dan TNI,” ucapnya.

Baca Juga:  LDII Berpartisipasi dalam Jalan Sehat IAIN Radin Intan Lampung

Dengan adanya kegiatan ini, Petrus berharapĀ  bisa meminimalisir peredaran gelap narkotika di Provinsi Lampung. Ditanya terkait atensi BNN terkait penanganan narkoba di Lampung, Petrus mengatakan penyelesaian masalah narkoba membutuhkan kerjasama dari semua unsur masyarakat.

“Atensi dari bapak presiden sesudah rapat terbatas pada tanggal 12 Oktober 2023 kemarin, kita akan melakukan tindakan bersama-sama menggerakkan seluruh potensi masyarakat,” ucap Kepala BNN.

“BNN tidak bisa sendiri, dengan segala macam permasalahan yang ada harus didukung oleh Pemda, oleh kesatuan vertikal lainnya,” pungkasnya.

Heri Sensustadi sekretaris DPW LDII Lampung.

Heri Sensustadi sekretaris DPW LDII Lampung juga wakil ketua FPK Provinsi Lampung mengapresiasi acara dialog ini, dengan harapan kita semua yang hadir peduli ikut serta dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dapat merusak generasi bangsa, bisa melalui dakwah, sosialisasi dll, karena peredaran narkoba semakin masif, pokoknya kita perang terhadap narkoba, ungkapnya.

Berita Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

- Daftar Website Resmi LDII -spot_img

Dakwah Islam