Bandarlampung (30/3) Berdasarkan keputusan Gubernur Lampung No. G/133/VI.07/HK/2021 tentang pembentukan dewan penasehat dan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Provinsi Lampung periode 2021 – 2025 menetapkan LDII yang diwakili oleh Drs. H. Heri Sensustadi sebagai Wakil Bendahara. Pelantikan dewan penasehat dan kepengursan FKUB tersebut dilaksanakan di Gedung Pusiban yang berlokasi di Komplek Kantor Gubernur Lampung.

Pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Lampung Hj. Chusnunia Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D. yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat FKUB Provinsi Lampung, Ketua Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Ketua DPRD Provinsi Lampung, dan jajaran pejabat setempat lainnya. Dalam sambutannya Wakil Gubernur Lampung Hj. Chusnunia Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D. menaruh harapan besar pada kepengurusan yang baru terutama dalam menjaga kemajemukan umat beragama.

“FKUB merupakan miniatur kebinekaan Indonesia. Semoga bisa menjadi ruang temu untuk mengayomi umat beragama dari berbagai kelompok. Pemerintah juga menaruh harapan besar agar dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk terus menjaga kerukunan antar umat beragama.” Ujarnya.

Dr. Muhammad Bahrudin M.Ag yang dipilih menjadi Ketua Pengurus FKUB Provinsi Lampung periode 2021-2025 dalam sambutannya turut menyampaikan laporan terkini mengenai kondisi terkini kehidupan umat beragama di Provinsi Lampung. Secara umum dapat dikatakan sangat kondusif, harmonis, rukun dan damai. Hanya saja di beberapa daerah, seperti di Pringsewu, Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung terdapat gesekan kecil antar umat beragama. Permasalahan tersebut pada umumnya masih dapat teratasi dengan baik melalui musywarah semua pihak sehingga tidak menimbulkan gejolak sosial atau konflik.

Melalui kepengurusan yang baru diharapkan dapat menjadikan FKUB sebagai wadah koordinasi antar pengurus satuan umat beragama dengan pemerintah untuk membentuk iklim yg kondusif dalam menjalankan ibadahnya masing-masing. Karena kerukunan umat beragama merupakan hasil dari kesadaran bersama untuk mempersatukan bangsa. (Wendi/ Lines Lampung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.