Keutamaan Puasa Arafah, Akan diampuni Dosa 1 Tahun Sebelum dan Sesudah

0
153
keutamaan puasa arafah

Hingga saat ini kita masih diberikan umur panjang oleh Allah SWT, itu artinya kita masih diberikan kesempatan untuk memperbanyak Ibadah baik yang wajib maupun sunnah sebagai bekal yang akan kita bawa kelak diakhirat.

Saat ini kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah, sebagian orang berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan rukun islam yang ke-5 yaitu Ibadah Haji.

Terdapat ibadah yang bisa kita amalankan didalam bulan Dzulhijah seperti menyembelih kurban, tidak memotong kuku atau rambut 10 hari sebelum menyembelih kurban, dan puasa satu hari sebelum menyembelih kurban (puasa arafah).

Menyembelih kurban tahun ini jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019, itu artinya puasa arafah dikerjakan pada tanggal 10 Agustus 2019. Pahala mengerjakan puasa arafah sangat besar, sehingga jangan sampai kita lewatkan, belum tentu kita menjumpainya tahun depan.

Puasa arofah dikerjakan 1 hari sebelum hari raya kurban atau idul adha yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah (yang insyallah jatuh pada tanggal 10 Agustus 2019). Waktu dimana para jamaah haji sedang melaksanakan wukuf di arofah.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia dan dalam keadaan sehat maka di sunnahkan untuk melaksanakan puasa arofah, berikut ini merupakan dalil penjelasan mengenai keutamaan puasa arofah:

Perhatikan dalil berikut :

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Nabi Muhammad SAW Bersabda:

Puasa 1 haru arafah (9 Dzulhijjah), aku berhadap kepada Allah SWT, dia akan menghapuskan dosa 1 tahun sebelumnya dan 1 tahun setelahnya. Puasa hari Asyura (10 Muharram) aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan dosa 1 tahun sebelumnya. HR. Muslim 1162.

Setelah kita tahu kefadholannya, maka sangat disayangkan jika kita dilewatkan begitu saja. Berapa banyak dosa yang kita kerjakan baik disadari maupun tanpa disadari, dengan 1 hari puasa di tanggal 9 Dzulhijjah, Allah SWT akan mengampuni dosa 1 tahun sesudah dan 1 tahun sebelumnya terkecuali dosa had.

Baca Juga : Tidak Potong Kuku dan Rambut Sebelum Idul Adha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.