Bandarlampung (27/9), Pengurus DPD LDII Kab Mesuji bersilaturahim kepada Kepala Marga Adat masyarakat Mesuji Drs. H. Hairi Sinungan yang bertempat di kediamannya Sumber Rejo, Kemiling, Bandar Lampung.  Hairi Sinungan sebagai Kepala Marga Mesuji akrab juga disapa oleh keluarga besar dan masyarakat Mesuji  dengan nama “Djugal” yang diambil dari nama leluhur beliau “Pangeran Djugal” kerajaan Kayu Agung.

Ada 9 (sembilan) kepala susukan/kampung tua Mesuji dibawahi oleh Kepala Marga Djugal Hairi Sinungan ini antara lain  :  Wiralaga (Kampung tertua), Sungai Sidang,  Sungai Cambai, Sungai Badak, Nipah Kuning, Sri Tanjung, Kagungan Dalam, Talang Batu,  Labuhan Batin. Kesembilan susukan ini sudah ada sejak tahun 1875.

Gunawan Kesuma Yudha selaku Ketua Biro KIM DPW LDII Prop Lampung turut mendampingi pengurus DPD LDII Mesuji yang hadir saat itu  Irvan Hadi Candra,S.Pd (Sekretaris) , Agung Prambudi, S.Pd (Wakli Sekretaris) , Very Sholeh (IT) , M. Safe’i, S.Psi  (Bid. Hukum), Alvin Alessandro, S. Pd. (Lines) .

Disuguhi kopi hangat dan camilan kerupuk ikan Mesuji pada kesempatan itu Kepala Marga bercerita sejarah mulai dari kisah asal muasalnya Mesuji sampai dengan perkembangannya hingga terbentuk pemerintahan saat ini.

Peta Wilayah Kabupaten Mesuji Sumber: mesujikab.go.id

“Dengan kita mengetahui sejarah leluhur  maka kita akan mengetahui nilai-nilai luhur didalam adat budaya sebagai kearifan lokal yang  yang mesti kita jaga dan lestarikan. Jangan sampai kita kehilangan jatidiri sebagai masyarakat yang beradat budaya tinggi akibat invasi kebudayaan asing yang masuk ke negara kita dengan mudahnya karena kecanggihan teknologi informasi saat ini”,  ucap Kepala Marga.

“Perjuangan yang keras dan ikhlas para leluhur kita dulu semata-mata untuk kemakmuran rakyat Mesuji Itu harus menjadi contoh bagi kita sebagai penerus. Kekayaan sumber alam Mesuji yang diwariskan kepada kita juga harus dikelola dan gunakan sebaik-baiknya bagi kemakmuran masyarakat Mesuji sebagaimana dulu dilakukan oleh leluhur kita”, sambung Kepala Marga.

Sekretaris DPD LDII Mesuji  Irvan Hadi mengatakan. “Kami sangat berterimakasih dapat mendengarkan langsung cerita sejarah dari Bapak Kepala Marga dan kami berharap tidak bosan-bosan membimbing kami yang muda-muda ini, Insya Allah apa yang menjadi harapan Bapak Kepala Marga adalah harapan kami juga, sama-sama ingin Mesuji ini menjadi Kabupaten yang semakin berkembang maju dan makmur masyarakatnya”.

Pintu Tol Simpang Pematang jadi gerbang baru menuju Lampung Sumber : nasional.tempo.co

Kepala Marga  “Djugal Hairi” pada akhir pertemuan berpesan  kepada LDII Mesuji untuk mendukung sepenuhnya program pemerintah daerah demi kemajuan Mesuji, dan menitipkan generasi muda Mesuji agar dapat dibina melalui program-program kepemudaan dan gerakan dakwah LDII sehingga menjadi generasi yang beradab dan berbudaya tinggi sebagai penerus kemajuan Mesuji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.