Bandarlampung (27/10). Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Drs. H. Juanda Naim, M.H, menjadi narasumber dalam Rapat koordinasi FKUB se-Provinsi Lampung, di hotel Horison, 27 Oktober 2021.

Dalam paparannya H. Juanda Naim: Kementerian Agama terus melakukan upaya peningkatan kualitas umat beragama dalam menjalankan ibadah ritual dan sosial karena integral dengan pembangunan suatu daerah.

“Hal ini didukung penguatan kualitas moderasi beragama dan kerukunan umat beragama, indeks kerukunan saat ini pun menjadi tolok ukur keberhasilan pembangunan sebuah daerah”

 

“Indonesia bukan hanya ada satu golongan, agama, dan ras. Keragaman ini merupakan takdir dari Allah yang harus kita jaga kerukunannya,” ungkap mantan kepala kantor Kemenag Lampung Selatan tersebut.

 

Moderasi beragama lanjutnya, harus dimaknai sebagai sikap beragama yang seimbang antara pengalaman agama sendiri dan penghormatan kepada praktik beragama orang lain yang berbeda keyakinan. Sikap seimbang ini akan menghindarkan sikap ekstrem berlebihan, fanatik dan sikap revolusioner dalam beragama.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa cara pandang dan sikap moderat dalam beragama ini juga sangat penting bagi masyarakat plural dan multikultural seperti Indonesia. Karena hanya dengan cara itulah keragaman dapat disikapi dengan bijak, serta toleransi dan keadilan dapat terwujud.

Dalam penutup  sambutan nya, Kakanwil mengajak kepada seluruh peserta dan pengurus FKUB terus berupaya untuk mewujudkan kerukunan dan kebersamaan untuk Lampung lebih kondusif, indek kerukunan semakin meningkat. (Lines Lampung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.