Bandarlampung (29/11) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Provinsi Lampung menyelenggarakan rapat kerja Pendidikan Pusat Wawasan Kebangsaan (PPWK) di Begadang Resto, Bandar Lampung.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Lampung Firsada dalam pemaparannya; Wawasan Kebangsaan lahir, ketika Bangsa Indonesia berjuang untuk membebaskan diri dari penjajah. Dalam perjalanannya, muncul kesadaran bahwa untuk membebaskan diri dari penjajah diperlukan kekuatan seluruh rakyat Indonesia, sehingga lahirlah perjuangan  Budi Utomo tahun 1908, Sumpah pemuda 1928 dan puncaknya 17 Agustus 1945, paparannya.

Masih menurut Firsada Pendidikan  Wawasan Kebangsaan mempunyai tujuan:

1) meningkatkan pengertian pemahaman dan persepsi yang tepat tentang persatuan dan kesatuan antar sesama,

2) menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab sebagai penerus bangsa Indonesia,

3) membangkitkan kepekaan sosial, solidaritas, toleransi dan saling mengenal serta saling menolong antar sesama walaupun berbeda latar belakang,

4) meningkatkan kemampuan dan ketrampilan manusia dalam memecahkan masalah.

Spirit Pendidikan Pusat Wawasan Kebangsaan dilandasi dengan 4 (empat) konsensus dasar bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka tunggal ika dan NKRI ujar Firsada mantan alumni SMAN 1 Bandar Lampung.

Sementara Heri Sensustadi sekretaris DPW LDII yang ikut raker PPWK menyampaikan apresiasi kepada Bankesbangpol yang menyelenggarakan acara PPWK, saya berharap agar acara ini terus diagendakan, serta perlu disampaikan ke seluruh aparat sampai ke desa/kelurahan dan masyarakat, dalam perilaku sehari-hari dibutuhkan keteladanan dari para tokoh-tokoh agama, adat, tokoh masyarakat, Tokoh pemerintah.

Turut Hadir dalam Raker; Polda,  LDII, Muhammadiyah, Lampung Sai, M-Pal, PP, Parpol, BEM Unila, UBL, IKAL Lampung, FKPPI, dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.