Sunday, January 29, 2023

Hari Nasional Gizi 2023: Mencegah Stunting dengan Protein Hewani

Dalam memperingati hari gizi nasional 2023 yang jatuh pada hari Rabu (25/01/2023), Kementrian Kesehatan RI mengadakan seminar online yang bertema “protein hewani cegah stunting” sebagai bentuk komitmen bersama dalam membangun gizi menuju bangsa yang sehat dan berprestasi.

Saat ini Indonesia menghadapi 3 beban masalah gizi diantaranya stunting , wasting dan overwight, maka dari mari bersama-sama berupaya memberikan edukasi kepada para orangtua agar dapat memberikan gizi yang baik bagi anak-anak nya.

Apa itu Stunting?

Seperti yang kami kutip dari halaman kompas.com, Stunting adalah kegagalan seseorang mencapai potensi pertumbuhannya yang menyebabkan tubuh berhenti tumbuh atau tetap pendek.

Orangtua harus mencukupi kebutugan gizi pada anak, dimana mereka harus bisa memenuhi kebutuhan kalori dan protein sesuai dengan standar ideal, yaitu 2079,09 kkal kalori dan 62,21 gram protein.

Baca Juga:  Apa itu Penyakit Fisura Ani? Waspadai, Jangan Anggap Remeh

Perlu diketahui bahwa, kekurangan gizi sering terjadi pada anak yang memiliki nafsu makan yang rendah, berat badan yang tidakideal, atau tubuh yang tidak mampu menyerap makanan secara optimal.

Darimana Pencegahan Stunting Anak di Mulai?

Pencegahan stunting dimulai sejak anak masih didalam kandungan

Seorang ibu hamil harus sering mengkontrol kesehatan kehamilannya di posyandu, bidan, puskesmas, atau dokter spesialis kandungan serta memperhatikan asupan gizi dari setiap makanan atau minuman yang di konsumsi.

Dr Diah menyampaikan bahwa Ibu hamil suapa banyak menkonsumsi makanan yang mengandung protein hewani, karena protein hewani dapat mencegah stunting, beberapa mananan yang mengandung protein diantaranya telur, aneka jenis ikan, daging, hati hewan dan sebagainya.

Baca Juga:  Apa itu Baby Blues? Ini Penyebab, Gejala serta Cara Mengatasinya

Maka dari itu, disarankan bagi Ibu hamil untuk mengkonsumsi obat penambah darah dan suplemen makanan yang mengandung protein, kalsium, omega 3, asam folat dan lainnya yang mendukung tumbuh dan kembang janin hingga lahir.

Penyampai : Dr. Ni Made Diah Permata Laksmi D, MKM

Berita Terkini

- Cek Website LDII -spot_img

Dakwah Islam

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.