Forkopimko & LDII Adakan Silaturohim Syawal 1441H secara Online

0
140

Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Selatan menggandeng DPD LDII Kota Jakarta Selatan menggelar ajang Silaturahim Syawal 1441 Hijriah yang dilaksanakan secara virtual dengan memanfaatkan aplikasi video conference Zoom, 03/06.

Acara ini diikuti aparat pemerintah kota beserta jajarannya, dan berbagai elemen masyarakat seperti tokoh masyarakat, tokoh agama hingga tokoh adat. Mereka berasal dari berbagai forum seperti FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat),
FKP (Forum Pembaruan Kebangsaan), FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama),
dan FLO (Forum Lintas Ormas). Tidak ketinggalan sejumlah organisasi keagamaan seperti Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, dan beberapa ormas lain di wilayah Jakarta Selatan.

Selain ajang silaturahim secara virtual, pertemuan diisi dengan dialog interaktif khususnya mengenai perkembangan yang ada terkait wabah pandemi virus Corona Covid-19 yang memang masih melanda dunia, termasuk di Indonesia. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri yang hadir dalam acara di Patal Senayan mengharapkan bahwa ajang ini bisa memberi makna yang lebih baik bagi perkembangan dan instrumen interaksi para organisasi di bawah Badan Kesbangpol sub-Jakarta Selatan.
“Ke depan kami berharap suatu metode yang terus menerus dilakukan dalam rangka memberi makna bagi perjuangan kehidupan atau new live yang baru ini. Untuk itu rasa persatuan, kesatuan dan solidaritas harus dikembangkan. Pemerintah sebagai pendorong, namun kuncinya adalah tetap di masyarakat,” terang Taufan.

Lebih lanjut Taufan Bakri mengakui bahwa acara ini terbilang luar biasa karena bisa menjadi ajang keakraban antara ulama dan umaro, meski di masa pandemi masih terjadi. “Sukses acara silaturahim ini, luar biasa LDII bisa semakin mengakrabkan umaro dengan ulama, ini tentu saja membantu pemerintah, ” ungkapnya antusias.

Sentral acara berlangsung di kantor sekretariat DPD LDII Jakarta Selatan, di kawasan Patal Senayan yang hanya diikuti beberapa peserta secara terbatas. Adapun secara online peserta Silaturahim Syawal ini diikuti ratusan peserta dari tempatnya masing-masing, termasuk pengurus LDII wilayah Jakarta Selatan dari tingkat PC hingga PAC.

Acara di sekretariat DPD LDII Kota Jakarta Selatan dikemas dengan menerapkan protokol social distancing yang cukup ketat. Tuan rumah acara dari LDII Jakarta Selatan pun hanya beberapa pengurus yang hadir di lokasi, selain Ketua DPD LDII Jakarta Selatan, Noor Rachmat dan jajaran pengurus harian. Tampak pula Dewan Penasehat LDII H.Eddy Supriyadi dan Ketua Forum Lintas Ormas (FLO) Jakarta Selatan KH.Zaini Ahmad.
Dari Forkopimko hadir secara online beberapa tokoh penting seperti Dandim 0504/JS Kolonel Arh Tony Aris Setyawan, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Andhi Ardhani, Korwil BINDA (Badan Inteligen Negara Daerah) Jakarta Selatan Ujang Priatna, dan anggota Satuan Intelkam Polres Metro Jakarta Selatan Bambang Purnomo.

Host operator acara oleh Tri Nur Faujianto dari LDII yang juga merupakan anggota FKDM Jakarta Selatan dengan moderator diskusi dipandu oleh Kasuban Kesbangpol Jakarta Selatan Dirhamul Nugraha.

Menurut Noor Rachmat LDII di wilayah kota Jakarta Selatan yang terdiri dari 10 Pimpinan Cabang (PC) di tingkat kecamatan dan 52 Pimpinan Anak Cabang (PAC) di tingkat kelurahan. Dalam menghadapi masa pandemi beberapa bulan terakhir LDII memulai program ketahanan pangan mandiri. “Warga LDII kita gerakkan untuk memanfaatkan lahan terbatas yang ada dengan mengembangkan budi daya ikan lele, mujaer dan sayuran secara sederhana namun mampu membantu pengadaan pangan sehat dan bergizi sehari-harinya,” ujar Noor Rachmat.    (kim jaksel/d86)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.