Bandarlampung (18/12), DPW LDII Lampung melaksanakan Gerakan LDII Tanam Pohon yang dibuka di halaman Masjid Villa Firdaus, Sukabumi, Bandarlampung sebagai instruksi DPP LDII tentang Hari Menanam Pohon berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 yang ditetapkan pada tanggal 28 November setiap tahunnya. Peringatan Hari Menanam Pohon Nasional yang telah dilakukan DPP LDII di tingkat Nasional dilaksanakan di Bumi Perkemahan Dewa Ruci, Bantul, Yogyakarta, dan di Kompleks Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin, Jakarta Timur.

Gerakan LDII Tanam Pohon oleh DPW LDII Provinsi Lampung ini turut mengundang sejumlah pejabat sekitar, diantaranya Camat Sukabumi, Kapolsek Kecamatan Sukarame, Danramil Kec. Panjang, dan Lurah Kelompok Sukabumi. Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Kehutanan, Kadis Lingkungan Hidup, Kakanwil Kemenag, Ketua MUI Lampung, Ketua FKUB Lampung, Kepala BPDAS Lampung, Ketua Kwarda GP Lampung, dan Kadis Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung.

Acara tersebut diawali sambutan oleh Ketua DPW LDII Lampung, dr. H. Muhammad Aditya, M.Biomed, yang menekankan bahwa acara ini salah satunya sebagai kampanye dakwah hijau, yang diartikan sebagai dakwah yang menyejukkan, sopan, tidak proaktif, dan juga ramah lingkungan. Lebih jauh beliau memaparkan bahwa LDII merupakan organisasi masyarakat yang konsisten dalam isu-isu lingkungan, salah satunya perihal kelestarian alam dan juga mengenai polusi udara. Untuk itu, dalam rangka mewujudkan konsistensi tersebut, gerakan menanam pohon ini dilakukan sebagai bentuk kelestarian lingkungan dan kepedulian terhadap kualitas udara.

Baca Juga:  Presiden Jokowi : Gerakan Menghormati Guru Menjadi Cara Mengembalikan Karakter Bangsa

Gerakan LDII Tanam Pohon ini juga dilaksanakan secara daring mengundang seluruh DPD LDII di setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Beberapa DPD LDII di tingkat Kabupaten telah melaksanakan penanaman pohon pada 28 November lalu dan beberapa yang lain melaksanakannya hari ini. Ribuan bibit pohon berbagai jenis mulai dari pohon mahoni, buah-buahan diantaranya alpukat, sirsak, dan durian telah disebar ke seluruh PC (Pimpinan Cabang) dan PAC (Pimpinan Anak Cabang) LDII di Bandarlampung.

Acara tersebut diresmikan secara langsung oleh Dinas Kehutanan Provinsi Lampung yang diwakilkan oleh Kabid Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Lindung, Awal Budiantoro, S.Hut., M. Eng., dengan penyerahan pohon muda jenis alpukat lokal secara simbolis kepada Ketua DPW LDII Lampung. Dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada kaum dhuafa’ dan anak yatim oleh Ketua DPW LDII Lampung sebagai wujud kepedulian LDII terhadap masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Bupati Waykanan Jariahkan Rp200 juta untuk Pembangunan Ponpes LDII

Dalam sambutannya, Kabid Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Lindung turut mengedukasi perihal manfaat pohon terhadap kelestarian bumi, diantaranya menjaga suhu bumi, menyerap karbon dioksida, dan mencegah polusi. Beliau berterimakasih pada LDII sebab telah menyebarkan virus menanam pohon yang akan sangat berguna dan menginspirasi masyarakat untuk ikut andil dalam pelestarian lingkungan.

Acara tersebut ditutup dengan kegiatan penanaman 20 bibit pohon jenis Alpukat Ratu Puan yang melibatkan para pejabat undangan di area Bumi Perkemahan Al-Firdaus, Sukabumi, Bandar Lampung. Menurut ketua pelaksana acara ini, Heri Sensustadi, S.Pd, nantinya bibit yang baru ditanam ini akan terus dipantau perkembangannya dan dirawat dengan baik oleh tim panitia dan juga warga sekitar. Harapannya, bibit-bibit yang baru ditanam ini akan tumbuh subur, berbuah banyak, yang pada akhirnya tidak hanya akan menguntungkan secara materi namun juga sebagai amal jariyah bagi BPDAS yang telah memberikan bibit-bibit ini juga bagi warga yang ikut menanam dan merawat.( Ags/Lines Lampung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.