Apakah Masih Boleh Makan dan Minum Saat Imsak?

0
504
Ilustrasi

Makan sahur sebelum melaksanakan ibadah puasa merupakan sunnah yang dikerjakan oleh Rosulullah SAW, selain itu juga dari segi kesehatan tubuh kita akan memiliki energi untuk melakukan aktivitas selama berpuasa.

Dalam Shahih Muslim Nabi Muhammad SWT bersabda, “Pembeda antara puasa kita dengan ahli kitab adalah Sahur” dan dalam riwayat Bukhari disabdakan oleh Nabi SAW “Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur terdapat berkah.”

Apakah Masih Boleh Makan dan Minum Saat Imsak?

Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa ketika tanda imsak berbunyi menandakan kalau waktu puasa sudah dimulai sehingga tidak boleh lagi untuk makan dan minum.

Perlu diketahui bahwa Imsak merupakan sebuah tanda bahwa waktu subuh akan segera tiba. Imsak memiliki arti “menahan” yaitu menahan diri dari sesuatu yang membatalkan puasa, walau demikian pada waktu imsak kita masih diperbolehkan makan dan minum.

Apabila ada sebagian dari kita terlambat bangun untuk makan sahur, dan jika pada saat itu belum adzan subuh maksudnya adalah masih waktu imsak, maka segeralah untuk sahur dengan makan dan minum yang sewajarnya karena jarak antara imsak dan subuh sangat sempit.

Penetapan waktu imsak yaitu 10 menit dari waktu subuh.

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar/subuh,” (QS. Al Baqarah: 187)

Waktu subuh ditandai dengan adzan subuh, apabila adzan subuh telah dikumandangkan itu artinya puasa telah dimulai dan kita sudah tidak boleh melakukan sesuatu yang membatalkan puasa. (Sandi Prayoga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.