Sunday, April 14, 2024

Bersama Kemenag, LDII Ikut Pemantauan Hilal di POB Bukit Gelumpai

Lampung Selatan (11/03). Bersama Kemenag, LDII Provinsi Lampung mengikuti pemantauan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan yang dilakukan di POB Bukit Gelumpai, Kalianda Lampung Selatan pada Minggu, 10 Maret 2024.

Hamdan M.HI., Ph. D mengatakan “Pengamatan hilal hanya berlangsung 3 menit yaitu saat matahari dan bulan terbenam di ufuk pada pukul 18.13 WIB hingga 18.16 WIB”.

Untuk dapat melihat hilal, beberapa teleskop telah disiapkan oleh petugas, termasuk LDII juga membawa alat smart teleskop Seestar S50 yang dapat digunakan untuk melihat bulan.

Namun, Hilal belum bisa terlihat dikarenakan kondisi langit berawan, disamping itu juga posisi hilal hanya 0.41 derajat sehingga dapat dipastikan hilal tidak akan terlihat.

Baca Juga:  DPP LDII: Bermedia Sosial Nirakhlak Memicu Disintegrasi Bangsa

“Hilal tidak dapat dilihat pada posisi 0.41 derajat, bahkan bisa dikatakan mustahil. Walaupun demikian, proses Ruyatul hilal merupakan bentuk ibadah dalam menentukan Awal Ramadhan” ungkap Hamdan

Kakanwil Kemenang Provinsi Lampung, Dr. Puji Raharjo, S.Ag., S.S., M.Hum akan melaporan hasil Ru’yatul Hilal di Lampung ke Pusat Kementerian Agama RI di Jakarta sebagai bahan untuk menentukan awal Ramadhan 1445H.

“Tadi, kita tidak melihat hilal karena posisi hilal masih sangat rendah, maka kita tunggu saja keputusan resmi dari Kementerian Agama RI” ujar Puji Raharjo.

Pengamatan hilal untuk menentukan Awal Ramadhan ini dihadiri oleh Injti Indriati selaku Asisten 1 Bupati Lampung Selatan, Forkopimda, juga Ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Baca Juga:  Pelepasan Satgas Tebar Kurban LDII Lampung Akan Dipusatkan di Labuhan Dalam
Berita Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

- Daftar Website Resmi LDII -spot_img

Dakwah Islam