Berhenti Mengeluh, Bersyukurlah dalam Keadaan Apapun

1
259

Tugas kuliah seabreg, cucian numpuk, kerjaan banyak, pergi pagi pulang petang, uang bulanan menipis, stock susu anak belum dibeli, jatah bulanan istri belum dikasih dan masih banyak masalah-masalah kehidupan yang hinggap. Rasa yang pertama kali dirasakan ingin sekali semua ini dihentikan.  Terus sambil bilang “kenapa semua ini terjadi padaku???” sambil banting-banting benda disebelahnya

Tanpa kita sadari sebenarnya kita sudah mengeluh. Mengeluh menjadi hal yang sering dilakukan saat sesuatu mengecewakan menimpa.  Memang kita sebagai manusia sulit sekali menghindari dari yang namanya mengeluh apalagi saat masalah menimpa karna sudah menjadi firman Allah Swt dalam alquran surat Al-Ma’arij ayat 19 yang artinya “sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir”.

Meskipun begitu mengeluh bukanlah jalan yang baik untuk menyelesaikan masalah. Mengeluh justru akan menambah berat beban masalah kita. Kita harus bersyukur Allah masih memberikan amanah kehidupan kepada kita yang artinya kita mampu melewatinya meskipun dirasa lelah menimpa jiwa dan raga.

Tapi apakah kita pernah berfikir setiap masalah yang menimpa kita itu sebagai ujian keimanan untuk kita dari Allah? Seperti dalam firman Allah Swt surat Ali ‘Imran ayat 142 yang artinya “apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantara kamu dan belum nyata orang-orang yang sabar”.

Kita harus mampu menjadi salah satu hamba Allah yang bersabar untuk melewati segala masalah dengan niat karna Allah agar mendapatkan hadiah surga.

Dibalik masalah yang menimpa jangan lupa tetap bersyukur. Karena dengan adanya masalah Allah masih sayang dengan kita lewat teguran-teguran masalah. Kita bersykur masih diberikan tugas yang banyak dari dosen artinya agar pengetahuan semakin luas.

Kita bersukur uang jajan menipis artinya agar lebih cermat dalam mengatur keuangan, bersyukur dicerewetin temen artinya dia masih peduli dengan kita, bersyukur ban motor bocor artinya kita bisa berbagi rejeki sama bengkel tambal ban, bersykur masih merasakan sakit kalau nikmat sehat itu luar biasa mahal.

Karena Allah pun berfirman didalam alquran surat Ibrahim ayat 7 yang artinya “jika kalian bersyukur pasti akan Aku tambah nikmat-Ku tetapi jika kalian kufur sesungguhnya adzabku amat pedih”

Jangan mudah mengeluh karna tak ada gembok tanpa kunci. Karena setiap masalah pasti ada solusi. Soo.. tetap berfikir positif setiap apapun yang terjadi dalam hidup kita yaaa meskipun kadang sulit menampik pikiran negatif.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Tri Pujiasih – LINES Lampung.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.