World Cleanup Day, Santri LDII Adakan Aksi Kebersihan

0
109

Desa Pemanggilan, Natar, Lampung Selatan – Dalam rangka memperingati World Cleanup Day 2018 yang jatuh pada hari Sabtu, 15 September 2018, Yayasan Nurul Huda Lampung mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Gerakan yang bertema LDII Peduli ini bertujuan untuk menggiatkan seluruh warga LDII, baik warga maupun siswa-siswi sekolah untuk lebih peduli kebersihan.

Yayasan Nurul Huda Lampung yang merupakan sekolah binaan LDII ini bersama PAC LDII Pemanggilan mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan dengan melibatkan seluruh siswa-siswi sekolah dan juga masyarakat sekitar. Jumlah peserta yang mengikuti terdiri dari 1.000 siswa-siswi Yayasan Nurul Huda mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK dan 2.000 warga LDII di lingkungan sekitar Yayasan Nurul Huda yang juga ikut terlibat.

Rangkaian kegiatan dimulai sejak pukul 07.00 pagi, dengan diawali seremonial dan dilanjutkan gotong royong para siswa-siswa sekolah dan juga masyarakat sekitar. Area-area yang dibersihkan meliputi area sekolah yaitu kelas-kelas, asrama putra dan putri, area masjid, serta area lingkungan Yayasan Nurul Huda Lampung. Seluruh peserta yang mengikuti mengenakan pakaian gotong royong kebersihan berwarna putih. Antusias santri dan juga masyarakat yang mengikuti kegiatan ini juga terlihat dari peralatan kebersihan yang dibawanya masing-masing seperti sapu, sabit, cangkul, karung, dan sebagainya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Yayasan Nurul Huda Prof. Drs. H. Suharno, MS., MSc., Ph.D., Setiawansyah, A.P., M.Si., Sekretariat Yayasan Nurul Huda H. Ngadimin, S.H., M.H., Ketua PC LDII Natar Ust. Toharudin, Ketua PAC LDII Pemanggilan Setiarso, S.Kom, Ketua PAC LDII Hajimena Joko Raharjo, S.Pd., M.Pd., Anggota DPRD Lampung Selatan H. Sidik Maryanto.

Dalam kesempatan ini, Prof. Drs. H. Suharno, MS., MSc., Ph.D sebagai ketua Yayasan Nurul Huda saat sesi ceremonial menyampaikan, “Negara Indonesia merupakan  negara yang mempunyai sifat gotong-royong yang baik, untuk itu tanggung jawab sangat diperlukan terutama dalam pelaksanaan kebersihan”.

“Saya melihat, di daerah-daerah perbatasan Indonesia yang terluar itu terlihat gregetnya LDII membangun kebersihan-kebersihan lingkungan, atau termasuk orang Indonesia yang berada di pinggir-pinggir perbatasan, bahkan yang di luar negeri LDII lebih meningkat lagi”, lanjut Prof. Suharno.

Saat ditemui dalam kegiatan, Setiawansyah, A.P., M.Si., selaku Camat Natar pun mengatakan, “Saya dari pemerintah kecamatan sangat mengapresiasi sekali dengan yang telah dilakukan oleh LDII Peduli ini dalam rangka hari kebersihan sedunia, semoga ini akan menjadi motivasi juga untuk kami agar bisa menularkan itu ke tempat-tempat lain, jangan hanya dilaunching di sini, selesai di sini, dan tidak berlanjut lagi.

“Bersih-bersih harus berkelanjutan. Setiap hari harus bersih. Bukan pada hari ini saja, bersih dari diri kita, lingkungan kita, rumah kita, lingkungan masyarakat sekitar dan daerah-daerah kita. Inilah yang harus tertanam dari setiap diri kita masing-masing. Terima kasih, kita sama-sama akan bergerak nanti untuk kegiatan kebersihan lingkungan”, ujar Setiawansyah. (Dian/Ilham/Alvin – LINES Lampung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.