Home / Dakwah Islam / Tips Memilih Teman Bergaul

Tips Memilih Teman Bergaul

Ldiilampung.com – Manusia merupakan insan yang tercipta dengan kelebihan akan dan budi pekerti. Dalam keseharian manusia tak akan terlepas dari yang namanya berkomunikasi, bisa disebut bahwa manusia adalah mahluk sosial.

Sosial berarti berhubungan satu dengan yang lain, pertanyaanya sudahkan kita berteman dengan orang yang tepat?

Baiklah, kami akan coba mengupas macam-macam teman bergaul. Ada tiga model teman di dunia :

1. Teman Kepentingan (صديق منفعة)

Nah, teman yang satu ini biasanya berteman ada “maunya”. Dalam artian, hanya menilik keuntungan duniawi semata dalam pertemanan.

Kepentingan, maksud, tujuan untuk memperkaya diri inilah fokus utamanya dalam berteman. Jeleknya, setelah tujuan dan maksud tercapai kepadamu, maka tipe teman ini akan meninggalkanmu. So?? jangan dekat-dekat yaa dengan teman model ini, cuma merugikan diri kita sendiri saja.

2. Teman Bersenang-senang

Anda dalam menjalani kehidupan tentunya punya hobi dong, ada kesukaan. Teman yang satu ini biasanya hadir untuk saling menghilangkan kejenuhan, bersenang-senang dan punya karakter sulit dilepaskan. Andapun merasa sulit untuk meninggalkannya. Jawabannya, berhati-hatilah sebab bisa jadi teman seperti ini akan membuatmu lalai dan meninggalkan tugas kewajiban di dunia.

3. Teman Istimewa

Ini dia karakter teman yang kita tunggu-tunggu. Yaitu teman yang memiliki kelebihan dalam hal kebaikan atau agama, seperti ahli ilmu, orang berahlaq baik, orang yang ahli ibadah.

Teman inilah yang seharusnya kamu dekati dan pertahankan, sebab dia akan menarikmu pada kebaikan, dan mencegahmu dari kejelekan, dan ketika kamu salah dia akan mengingatkanmu tanpa merusak kehormatanmu.

(الجَلِيسُ الصَّالِحِ وَالسُّوءِ كَحَامِلِ المِسْكِ وَنَافِخِ الكِيرِ فَحَامِلُ المِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذّيكَ وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحاً طَيِّبَةً وَنَافِخِ الكِيرِ إِمَّّا أَنْ يَحْرِقَ ثِيَابَكَ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحاً خَبِيثَةً). رواه البخاري.

“Teman yang baik dan teman yang jelek, seperti tukang minyak wangi dan pandai besi. Tukang minyak wangi ada kalanya dia mengolesimu, atau kamu membeli darinya, atau kamu mencium bau wanginya. Sedangkan pandai besi, adakalanya membakar bajumu, atau kamu mencium bau tak sedap”.

 

Powered by themekiller.com