Home / Dakwah Islam / Tak ada Alasan untuk Menunda Nikah, Allah akan mencukupi Segalanya
nikah islami
nikah islami

Tak ada Alasan untuk Menunda Nikah, Allah akan mencukupi Segalanya

Dakwah Islam, LDIILampung.com – Mari amati bersama, alasan apa yang membuat seorang memutuskan untuk menunda menikah, sering sekali pertanyaan “Kapan nikah ???” ditujukan kepada mereka yang usia nya sudah mencapai waktunya. Tak ada Alasan untuk Menunda Nikah, Allah akan mencukupi Segalanya.

Ada yang bilang nikah itu asik, bagaimana tidak? kalau tidur ada yang nemenin, kalau makan ada yang masakin, kalau sakit ada yang ngurusin, kalau lagi gundah ada tempat untuk curhat, kemana mana ada yang siap nemenin, wah banyak lah asiknya. Terus kenapa ditunda?

Padahal dengan menikah islamnya sempurna setengah dan tinggal disempurakan yang setengahnya lagi dengan takwa. Allah SWT pun akan membukakan pintu kepada mereka yang telah menikah, banyak manfaat menikah lainnya yang akan dirasakan.

Ada beberapa alasan yang mungkin tidak bisa anda jadikan landasan menunda nikah.

Lagi Kuliah. Alasan nya biar fokus dulu sampe lulus kuliah baru nikah, Soalnya kalau belum lulus kata orang tua nanti kuliahnya bisa terbengkalai”. Lantas banyak yang kuliah sambil pacaran aja bisa, sambil hura-hura ke Mall juga bisa, pergi sana sini bisa, kenapa gak nikah aja biar semuanya terjaga. Atur managemen waktunya insya Allah everything its okay.

Masih pengen lajang dan takut terkekang setelah menikah, perhatikan dalilnya :

“Bukan golonganku orang yang merasa khawatir akan terkungkung hidupnya karena menikah kemudian ia tidak menikah” (HR Thabrani).

Belum siap dalam hal materi/rezeki. Banyak yang beranggapan kalau mau menikah harus siap materi, yang berarti harus punya jabatan yang mapan, rumah minimal BTN, kendaraan dll, sehingga apabila belum terpenuhi beulm maunikah ? kalau gitu sampai kapan?

Sedangkan Allah menjamin akan memberikan rizki bagi yang menikah seperti dalam firman-Nya: “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang patut (menikah) dari hamba- hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. 24:32).

Rasulullah SAW bersabda: “Carilah oleh kalian rezeki dalam pernikahan (dalam kehidupan berkeluarga).” (HR Imam Dailami ).

Tidak Ketemu Jodoh. Tahu nggak sih kalau jodoh itu tidak akan tertukar dan kalau nggak dijemput kapan datangnya?? perhatikan Imam Thabrani meriwayatkan dari Anas bin Malik r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda:“Barang siapa menikahi wanita karena kehormatannya (jabatan), maka Allah SWT hanya akan menambah kehinaan; Barang siapa menikah karena hartanya, maka Allah tidak akan menambah kecuali kefakiran; Barang siapa menikahi wanita karena hasab (kemuliaannya), maka Allah hanya akan menambah kerendahan. Dan barang siapa yang menikahi wanita karena ingin menutupi (kehormatan) matanya, membentengi farji (kemaluan)nya, dan mempererat silaturahmi, maka Allah SWT akan memberi barakah-Nya kepada suami-istri tersebut.”

 At Tirmidzi meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tetapi nikahilah wanita itu karena agamanya.

Bukan berarti Rasulullah SAW mengabaikan penampilan fisik dari pasangan kita, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Kawinilah wanita yang subur rahimnya dan pecinta.”(HR Abu Daud).

Maka menikahlah atas pertimbangan agama dan jangan ikuti pola pikir orang-orang yang terkontaminasi pikiran pesimis terhadap sebuah pernikahan. Pacaran aja berani masa nikah nggak berani?

Jika kami Muslim Jemput jodohmu dan Lamar dia!! Jika Kamu Muslimah, Terima dia yang melamar mu dengan niat karena Allah SWT…  Jauhi Pacaran dan Bertaaruflah. Tak ada Alasan untuk Menunda Nikah, Allah akan mencukupi Segalanya..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Powered by themekiller.com