Home / Pengamalan / Sunah Puasa Arafah, Puasa Satu Hari Sebelum Idhul Adha
puasa arafah sebelum hari raya idul adha
puasa arafah sebelum hari raya idul adha

Sunah Puasa Arafah, Puasa Satu Hari Sebelum Idhul Adha

LDIILampung.com – Selain puasa Ramadhan ada satu puasa Sunnah yang dapat mendatangkan pahalanya yang besar untuk itu sangat sayang untuk dilewatkan, bagi kita umat islam hendaknya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, belum tentu tahun depan kita dapat menjumpai kembali bulan dzulhijjah.

Puasa arofah dilaksanakan satu hari sebelum hari raya Idhul Adha, tepatnya tanggal 9 dzulhijjah (InsyaAllah Jatuh pada tanggal 31 Agustus 2017). Waktu dimana orang-orang yang melakasanakan haji sedang melaksanakan wukuf diarofah, pahalanya orang yang wukuf diarofah yaitu diberikan pengampunan dosa walaupun sebanyak rintikan hujan atau sebanyak hitungan hari didunia, untuk itu dianjurkan berpuasa dihari arofah, pahala yang Allah berikan tidak kalah dengan wukuf di Arofah.

Baca Juga : Keutamaan Memotong Hewan Qurban Saat Idul Adha

Perhatikan dalil berikut :

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Nabi Muhammad SAW bersabda : Puasa satu hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Puasa hari ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya.” (HR. Muslim 1162)

Untuk itu sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja, padahal kalau dihitung-hitung sudah berapa banyak dosa kita dalam setahun, atau bisa diibaratkan dengan banyaknya pasir dilautan, rintikan hujan atau sebanyak buih dilautan.? semua dosa dalam setahun itu hilang dengan puasa sehari saja, tentunya tidak untuk dosa dosa Had (dosa besar). Semoga kita diberi kesempatan oleh Allah SWT bisa melaksanakan ibadah dengan lancar dan barokah, aamiin.

Baca Juga : Tidak Potong Kuku dan Rambut Sebelum Idul Adha

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Powered by themekiller.com