Home / Dakwah Islam / Sholatlah Sebelum Kamu Disholatkan
hukum ibadah sholat itu wajib tidak boleh ditinggalkan
hukum ibadah sholat itu wajib tidak boleh ditinggalkan

Sholatlah Sebelum Kamu Disholatkan

Pada hakikat nya manusia hidup di dunia ini hanya untuk beribadah kepada-Nya, terutama bagi umat islam. Dimana sejak Zaman Nabi Muhammad SAW diperintah untuk menetapi Rukun Islam, Rukun Islam merupakan sebuah standar seseorang dapat dikatakan sepenuhnya beragama islam adapun salah satu isi dari Rukun Islam tersebut, manusia diperintahkan untuk melaksanakan Ibadah Shalat.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa Barang siapa yang tidak menetapi Shalat maka dirinya tidak menetapi rukun islam, jika demikian maka orang tersebut tidak pantas disebut orang islam. Bukan hanya itu, bahkan orang tersebut bisa dikatakan sebagai orang yang telah kufur terhadap Allah SWT.

الْعَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ الصَّلاَةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ….رواه الترمذى

Artinya : “Perjanjian antara orang islam dan orang munafik adalah shalat. Barang siapa meninggalkan shalat, maka sungguh ia telah kafir”. (HR. At-Tirmidzi)

Kita dapat membuka kitab Al-Quran dalam Surat Al-mu’minun ayat 1, diterangkan bahwa Orang Islam yang memiliki dasar keimanan dalam hatinya akan mendapatkan keberuntungkan, keberuntungan tersebut yang dimaksudnya yaitu akan didapatkan didunia maupun diakhirat. Allah SWT memberikan pertolongan dalam hidupnya, dan ketika kembali kepada-Nya, Surga yang kekal dan nikmat telah menantinya. Dalam Surat ini pun tertulis salah satu syarat menjadi orang Islam yang Iman yaitu :

ٱلَّذينَ هُمْ في‏ صَلاتِهِمْ خاشِعُونَ

Artinya : Orang-orang yang khusyu` di dalam melakukan Sholat.

Ketika melaksanakan Sholatpun tidak hanya sekedar shalat. Shalat yang kita laksanakan haruslah benar-benar khusu’ dan tu’maninah dalam gerakan.

Bagaimana bagi manusia yang selalu meninggalkan shalat? terutama meninggalkan shalat dengan sengaja, tanpa udzur yang dibenarkan oleh Islam. Bahkan seseorang yang sedang sakitpun wajib melaksanakan shalat walaupun dengan posisi berbaring atau mengesot untuk menuju masjid ketika dirinya mendengar adzan.

Kita tahu bahwa setiap anak Adam (Manusia) pasti akan menjumpai Ajal nya, ketika ajal telah menjemput maka raga kita tak berdaya, semua orang mensholati kita, sejak itulah berhentilah kehidupan kita dan waktunya mempertanggungjawabkan atas apa yang telah kita kerjakan didunia. Semua panca Indra akan ditanya digunakan untuk apa, hal yang terpenting adalah Amalan Shalat Fardhu (shalat 5 wajib). Bagi orang yang Amalan Sholat nya rusak maka sudah dipastikan Amalan Sunnahpun ikut rusak.

Bagaimana TIDAK? Wajib saja ditinggalkan Apalagi Amalan Sunnah..

mensholati jenazah

Powered by themekiller.com