Sako SPN Lampung Ikuti Rakerda Gerakan Pramuka Lampung

0
39

Bandar Lampung. Sebagai organisasi pendukung kwartir Gerakan Pramuka, sudah semestinya Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) Tingkat Daerah Lampunh mengikuti kegiatan rakerda Gerakan Pramuka Lampung, yang pada tahun ini diselenggarakan di Aula Graha Bhakti Pramuka Bandarlampung, hari ini (04/05).

Keberadaan satuan penyelenggara pendidikan kepramukaan berbasis komunitas merupakan amanat UU No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Demikian pula Sako SPN yang lahir atas ini inisiasi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) yang berbasis komunitas aktivis masjid dan pondok pesantren.

Kak Wan Abbas Zakaria selaku ketua panitia menyampaikan bahwa rakerda tahun ini Kwarda Lampung mengangkat tema Tingkatkan Kualitas melalui Akreditasi Gugus Depan. Menurutnya tema ini sengaja diangkat dengan harapan rakerda ini bisa menghasilkan program kerja yang dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan kepramukaan. Karena gudep adalah garda terdepan, maka perlu adanya akreditasi.

Masih dalam laporannya Waka Kwarda bidang Orgakum yang Guru Besar di Unila ini menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan rakerda adalah untuk menyatukan gerak langkah Gerakan Pramuka dalam pembinaan generasi muda ada untuk menghasilkan program kerja yang berkualitas dan tepat guna.

Sementara itu Ketua Kwarda Lampung Kak Idrus Effendi dalam sambutannya menyampaikan untuk peningkatan kualitas pendidikan kepramukaan harus didukung oleh standarisasi pembina. “Untuk peningkatan kualitas akan ada standarisasi pembina pramuka dengan cara registrasi dan akreditasi”, urainya.

Rakerda yang dibuka oleh Ketua Kwartir Nasional yang diwakili oleh Waka Kwarnas bidang Binamuda, Kak Supriyadi ini diikuti oleh seluruh unsur pengurus dan andalan kwartir daerah, utusan kwarcab se-Lampung, dan pimpinan saka serta pimpinan sako tingkat daerah. Tidak kurang dari 170 orang mengikutinya.

Adapun dari Sako SPN Tingkat Daerah Lampung mengutus tiga orang perwakilannya yaitu Ketua Kak Heri Sensustadi, Sekretaris Kak Johan Wahyudi dan Andalan Bina Galang Kak Amrullah. Bertepatan dengan itu pula Kak Heri dilantik sebagai Andu Satuan Komunitas hasil dari pergantian antar waktu masa bakti 2015-2020. (Johan Wahyudi/LINES Lampung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.