Sako SPN Bertekad Jadi Perekat NKRI

0
171
Kak Rio, Kak Jo', Kak Edwin, Kak Avid
Kak Rio, Kak Jo', Kak Edwin, Kak Avid

Jakarta – Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) sudah sepatutnya bertekad jadi perekat NKRI, demikian disampaikan Ketua DPP LDII, DR. H. Iskandar Siregar, M.Si yang juga sebagai Mabi Sako SPN Tk. Nasional, dalam sambutan pembukaan Gelang Ajar Sako SPN Tahun 2018 di Gedung DPP LDII, Senayan Jakarta, Minggu, 29/04.

Menurutnya, tema kegiatan “LDII untuk bangsa dan Sako SPN perekat NKRI” sangat relevan dengan kebutuhan kekinian bagi para pembina pramuka di lingkup Sako SPN. Pramuka sebagai wadah pendidikan luar sekolah sangat tepat untuk membina generasi penerus hingga memiliki karakter yang mulia untuk membangun peradaban bangsa.

Ada lima syarat yang harus dimiliki untuk dapat membangun peradaban yaitu nilai-nilai spiritual, jiwa kewirausahaan, profesionalitas, tekhnologi dan kerukunan dan kekompakkan. Persyaratan-persyaratan ini sesungguhnya sudah ada dalam anggota SPN, selanjutnya para pembinalah yang menggali dan menumbuhkan, tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Pinsako SPN Tk. Nasional, Kak Edwin Sumiroza dalam laporannya, bahwa Sako SPN memang dilahirjan untuk membangun karakter yang mengamalkan dasa darma ditambah memiliki tri sukses generus yaitu alim dan faqih, berakhlakul karimah dan mandiri serta memiliki enam tabiat luhur, yaitu jujur, amanah, mujhid-muzhid, rukun, kompak dan kerjasama yang baik. Oleh karenanya gelang ajar yang diikuti para pembina pramuka Sako SPN ini bertujuan memberikan wawasan kepada pembina tentang tekhnik pengambilan hikmah atau debrief dalam setiap kegiatan kepramukaan, dasa darma pramuka dalam perspektif Islam dan sosialisasi JOTA JOTI, imbuhnya.

Pemateri dalam gelang ajar ini adalah Kak H. Wilnan Fatahillah, SHI tentang Dasa Darma Pramuka dalam Perspektif Islam, disusul oleh Kak Nurhadiansyah, S.Kom tentang Sosialisasi JOTA JOTI. Dalam penyampaiannya Kak Hans, sapaan akrab Kak Nurhadiansyah menuturkan bahwa Sako SPN akan bekerja sama dengan Senkom Mitra Polri untuk mengikuti JOTA JOTI. Kerjasama yang akan diselenggarakan adalah pemanfaatan aplikasi Senkom Digital Communication (SDC) dan pelatihan kepada anggota Sako SPN yang akan mengikuti even tersebut. Diakhir sesi materi tentang Tekhnik Pengambilan Hikmah oleh Kak Drs. H. Edi Rachman, M.Kes selaku Anggota Mabi Sako SPN Tk. Nasional.

Kegiatan yang berlangsung satu hari ini diikuti oleh 96 orang peserta utusan dari Sako SPN tingkat daerah yaitu DKI Jakarta, Banten, Lampung, Jawa Barat dan Jawa Timur. Hadir pula dalam kegiatan ini Kak H. Rioberto Sidauruk, SH., MH., Andalan Kwarnas bidang Orgakum. Sementara itu peserta dari Daerah Lampung adalah Kak Johan Wahyudi, S.Pd.I selaku Sekretaris Pinsako SPN Tk. Daerah dan Kak M. Mustavid Al-Mustahab, S.Pd, salah satu Pembina Gudep Sako SPN. (Johan Wahyudi/Lines Lampung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.