Home / Berita LDII Lampung / Sako Sekawan Persada Nusantara Mengadakan Pengukuhan dan Persami Tingkat Daerah Lampung
Jajaran Pengurus SAKO SPN Derah Lampung
Jajaran Pengurus SAKO SPN Derah Lampung

Sako Sekawan Persada Nusantara Mengadakan Pengukuhan dan Persami Tingkat Daerah Lampung

Ldiilampung.com, Natar – Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) merupakan satuan organisasi penyelenggara pendidikan kepramukaan berbasis masjid, mushala, majelis taklim dan pondok pesantren.

Sebagai bagian dari kegiatan organisasi dan penguatan internal kepramukaan maka pada (21-22/3) Sako SPN mengadakan Pengukuhan Majelis Pembimbing dan Pimpinan Sako SPN masa bakti 2014-2019 dan Persami Pembina Gudep Sako SPN Daerah Lampung tahun 2015.

Menurut Drs. H. Heri Sensustadi selaku Ka. Pinsako SPN Lampung hal ini dalam rangka mensosialisasikan kegiatan sako sampai tingkat gugus depan.

“Maka untuk mendukung kesemua itu, Pengurus Mabi, Pinsako dan Pembina Gudep perlu mendapatkan kursus tentang teknik penyelenggaraan pendidikan kepramukaan,” ujar Heri.

Sumpah pelantikan Sako SPN Daerah Lampung
Sumpah pelantikan Sako SPN Daerah Lampung

Pengukuhan Majelis Pembimbing Sako dan Pimpinan Sako

Detik-detik pelantikan satu persatu pengurus Mabi dan Pinsako Daerah Lampung dipanggil kedepan untuk mengucapkan ikrar pelantikan.

Sebelum mengucapkan sumpah pelantikan, Ka. Kwarda Lampung, Abdullah RM memberi pertanyaan kepada Mabisako dan Pengurus Pinsako.

“Untuk menghantarkan kaum muda Indonesia ke masa depan yang lebih baik, apakah kakak-kakak bersedia melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Mabisako dan Pinsako masa bakti 2014-2019 sesuai dengan kemampuan yang kakak miliki?,” tanya Abdullah.

Serempak mereka menjawab “Bersedia.” Kemudian Abdullah RM memberikan sebuah bertanya lagi, “Sebagai wujud ketersediaan tersebut, bersediakan kakak-kakak dengan sukarela dan dengan hati yang tulus ikhlas mengucapkan janji Tri Satya?,” tanya Abdullah.

“Bersedia,” jawab mereka dengan tegas.

Merekapun langsung mengucapkan janji Tri Satya. Kemudian Waka Kwarda Lampung pun membacakan kata pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah Pelantikan.

Mabisako Sako SPN Tingkat Daerah Lampung diantaranya, H.Narso, S.Sos, M.Si sebagai Ketua, Hi.Iswahyudi sebagai Sekretaris, dan H. Ismail Yahya sebagai Bendahara.

Sementara itu, untuk Pinsako SPN Tingkat Daerah Lampung yaitu, Ir. Drs. Heri Sensustadi sebagai Ketua, Johan Wahyudi,S.Pd.I sebagai Sekretaris dan H. Suhaimi, SE sebagai Bendahara.

Ir H Kusnardi, M.Agr.Ec Ketua DPW LDII Provinsi Lampung Sekaligus Ketua Mabi Sako SPN Daerah Lampung dalam sambutannya berharap semua lini dapat saling bahu membahu bersama membangun Kepramukaan berbasis Komunitas di Daerah Lampung.

“Memang kita merasa perlu untuk saling menggiatkan kepramukaan. Hal ini untuk meningkatkan kulitas hidup kewarganegaraan dan sumber daya manusia. Ini memiliki korelasi 90% dengan gerakan kepramukaan ditambah juklak pramuka dalam membentuk anggota memiliki kepribadian beriman, disiplin, menjunjung tinggi nilai bangsa dan kecakapan hidup kader bangsa,” ungkap Bob sapaan Kusnardi.

Abdulah, Wakil Kwarda Lampung mengungkapkan Lampung menjadi Sako diluar jawa yang pertama kali dilantik. “Saya pikir bukan karena ada yang namanya Sutomo disini (Candaan ada anggota bernama Sutomo), tapi ini atas kerja kita bersama,” ujar Abdullah. Sutomo merupakan pengurus Sako yang juga pernah menjadi pengurus kwarda Lampung.

Keeratan Persaudaraan SAKO SPN Daerah Lampung di Perguruan Tri Sukses
Keeratan Persaudaraan SAKO SPN Daerah Lampung di Perguruan Tri Sukses

Semarak Api Unggun

“Disini senang disana senang, dimana-mana hatiku senang” seperti itulah suara penyemangat pada malam hari dalam kegiatan Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (SAKO SPN).

Kegiatan yang tengah berlangsung pada malam hari dimulai pukul 20.00 WIB, membuat para peserta semakin bersemangat untuk mengikuti upacara penyalaan Api Unggun di lapangan Tri Sukses, Sabtu malam (21/03).

Sebelum upacara penyalaan api unggun berlangsung, dengan serentak para peserta dan panitia tengah mempersiapkan pelaksanaan penyalaan api unggun dengan penuh semangat dan gembira demi menciptakan masyartakat yang mempunyai rasa kebersamaan dan berkebangsaan yang tinggi.

Dengan suasana yang amat gelap para petugas penyaalaan api unggun mulai mengucapkan Dasa Darma Pramuka sambil menyalakan lilin sebagai simbol api. Api unggun kali ini berbeda dibandingkan dengan api pada umumny, Sako SPN menggunakan kombinasi api duplikat untuk menanamkan ramah lingkungan dan hemat.

“Api ini sangatlah bermanfaat bagi kehidupan kita, ketika gelap masih ada api yang menerangi kita, ketika ada hewan yang akan membahayakan kita masih ada api yang bisa melindungi kita, namun jika itu kita gunakan dengan baik maka api ini akan semkin besar dan bisa membahayakan kita, karena api adalah sumber daya alam yang sangat bermanfaat jika kita gunakan dengan baik,” lanjut Heri Sensustadi.

“Semoga generasi penerus kita bisa seperti api ini, dengan penuh bersemangat yang berkobar-kobar dalam memperjuangkan agama islam kita,” lanjut Heri Sensustadi.

Seremonial Penutupan Outbond
Seremonial Penutupan Outbond

Outbond, Penguatan Karakter Peserta

Minggu (22/3) menjadi lanjutan acara yang tak kalah menarik dan bermanfaat. Outbond dengan beragam post melengkapi esensi persami SAKO SPN Daerah Lampung.

Fokus utama membentuk karakter Tri Sukses, paham agama, berakhlakul karimah dan mandiri. Sako SPN mengkombinasi Tri Sukses menjadi 10 pos, yaitu arisan soal, hitung cepat, semaphore, tali temali, puzzle, menjahit, estafet air, trasfer bola, pipa gila dan PBB.

Persami kali ini dipandu langsung oleh perwakilan dari Sako SPN Nasional, diantaranya Kak Edwin Sumiroza, Kak Sumantri, Kak Wawan Rudiawan, Kak Sutarji, Kak Inta, Kak Warsini dan Kak Mala dipimpin langsung oleh Kak Ashar Budiman (LDII Network News – Lampung).

Powered by themekiller.com