Home / Dakwah Islam / Sabar Dalam Menghadapi Cobaan
dalil kesabaran ali imron ayat 200
dalil kesabaran ali imron ayat 200

Sabar Dalam Menghadapi Cobaan

LDII Lampung – Bersyukurlah bagi kita yang telah di kodratkan menjadi seorang muslim, hidup menetapi agama yang diridhoi oleh Allah SWT (Agama Islam). Kehidupan didunia ini memiliki hukum dua arah yang saling berlawanan, ada Laki – Laki ada perempuan, Ada Langit ada Bumi, dan lain sebagainya, dimana ketika kita Sehat maka bersiaplah untuk Sakit, ketika gembira maka bersiaplah untuk bersedih.

Dalam menetapi agama islam ini tidak sepenuhnya berjalan mulus yang di hadapkan dengan kegembiraan, kesenangan, kelancaran, justru Allah SWT akan terus menguji manusia (orang iman) dengan berbagai macam cobaan. Cobaan yang diberikan kepada hambanya merupakan bentuk Cinta nya Allah, seberapa kuat iman yang dimiliki hambanya, sehingga layak menjadi penghuni Surga kelak di akhirat.

“Sesungguhnya agungnya balasan dari besarnya cobaan. Dan sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla ketika mencintai suatu kaum, maka Dia akan diujinya” Ibnu Majah 4031 / HR. Tirmizi, 2396

Seperti yang telah disebutkan dalam hadits diatas bahwa, dengan cobaan yang kita alami maka kita akan mendapatkan Pahala, semakin besar Cobaan maka pahala yang akan kita terima akan semakin besar, dengan catatan hamba Nya dalam keadaan sabar dan tawakkal kepada Allah SWT. Ketahuilah bahwa cobaan yang datang kepada seorang hamba sesuai dengan kemampuannya, sehingga hamba tersebut akan dapat menyelesaikannya.

Cobaan datang pada ?

  • Harta / Ekonomi
  • Keluarga
  • Sosial / Bermasyarakat
  • Kesehatan

Maka dari itu, ketika Allah mendatangkan Cobaan kepada kita maka bersabarlah, jangan sampai mengeluh atau bahkan menyalahkan orang lain, menyalahkan Allah, bahkan jangan sampai terucap “Allah tidak adil !!” . Jika demikian berarti kita bukan termasuk orang-orang yang ahli sabar.

Hai orang-orang yang beriman, Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS.Ali Imran [3] : 200).

Powered by themekiller.com