Home / Pengamalan / Praktek Melaksanakan Sholat Tahajud 1/3 Malam
praktek sholat tahajud
praktek sholat tahajud

Praktek Melaksanakan Sholat Tahajud 1/3 Malam

Praktek Melaksanakan Sholat Tahajjud 1/3 Malam – Umat Nabi Muhammad  memiliki banyak sekali peluang – peluang untuk meningkatkan drajat nya masuk kedalam surga, tidak hanya sebatas melaksanakan ibadah Wajib yang diperintahkan oleh Allah SWT, namun juga melaksanakan Sunnah yang dikerjakan Rosulullah. Rosul telah banyak mengajarkan amalan yang dapat mendatangkan pahala dengan praktek yang sangat mudah.

Suatu amalan yang menjadi kebiasaan nabi salah satu nya ialah melaksanakan shalat tahajjud merupakan salah satu shalat sunah yang dikerjakan pada waktu malam dikala banyak orang sedang tidur.  Walaupun Nabi Muhammad SAW telah dijamin Surga, namun beliau menjadikan shalat tahajjud sebagai amalan yang selalu dikerjakaan sepanjang hidupnya.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.” (QS : Al-Isro’ : 79)

MANFAAT SHOLAT TAHAJUD

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika kita merutinkan melaksanakan sholat tahajud. Allah SWT akan menghapus segala keburukan dan mencegah perbuatan dosa. Dalam ilmu kesehatan, Sholat Malam ini sebagai penjaga kesehatan dan dapat menangkal segala penyakit, wajah mereka akan terlihat tampan dan cantik disiang harinya, ang terpenting lagi adalah orang tersebut akan berada di taman surga yang memiliki mata air yang nikmat.

Allah SWT berfirman,Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah).” (QS. Az Zariyat: 15-18)

WAKTU SHOLAT TAHAJUD

Shalat Tahajud dapat dikerjakan sejak ba’da isya hingga fajar subuh tiba. Namun dalam waktu GMT+7 Indonesia terbagi menjadi 3 bagian yaitu 1/3 malam pertama kirepada Rosulullah SAW sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini.”

a-kira pada pukul 19.00 – 22.00, 1/3 malam kedua yaitu kira-kira antara pukul22.00 – 01.00, dan 1/3 malam terakhir pada 02.00 – masuk waktu subuh.

Dari ketiga waktu yang disebutkan yang paling utama untuk melaksanakan shalat tahajud yaitu pada 1/3 malam yang akhir. Disisi itu merupakan waktu dimana Allah SWT turun ke langit dunia sembari berfirman kepada manusia (goib) : Anna Malik !, Anna Malik!. Ud’unni Astajibe’Lakum (Saya Raja, Saya Raja, berdoalah kalian, maka akan aku kabulkan). Dengan demikian 1/3 malam juga merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Dalam Hadist Riwayat Ahmad dijelaskan bahwa ada seorang Sahabat Abu Muslim bertanya kepada Abu Dzar mengenai kapan waktu yang baik untuk malaksanakan Shalat Malam, kemudian Abu Dzar menjawab bahwa dirinya telah bertanya langsung kepada Rosulullah SAW. S  “Aku telah bertanya k

Rosulullah SAW bersabda : “Perut malam yang masih tinggal adalah 1/3 yang akhir. Sayangnya sedikit sekali orang yang melaksanakannya.” (HR Ahmad)

PRAKTEK SHOLAT TAHAJUD :

  • Membaca Niat dalam hati
  • Takbir, Takbiratul Ikhram
  • Alfatehah + Surat yang dihafal
  • Ruku’
  • I’tidal
  • Sujud 
  • duduk diantara 2 sujud kemudian berdiri
  • * Lakukan sama seperti Rakaat pertama
  • Dalam rakaat ke-2 tahiyat akhir

Berapa Jumlah Rakaat Sholat Tahajud??  Sholat tahajud dapat dikerjakan tanpa batas mulai dari 2 rakaat, 4 rakaat dst. Namun yang banyak dipraktekan yaitu 2 rakaat salam ,  2 rakaat salam kemudian ditutup dengan shalat witir. | Disunnahkan dikerjakan di rumah masing masing.

Kemudian kita dapat berdoa, Urutannya :

  1. Memuji Allah,
  2. Mohon Ampun,
  3. Doa yang kita inginkan

Allah Berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).  [Sandi Prayoga/Lines Lampung]

 

Powered by themekiller.com