Pentingnya Muhasabah dalam Pergaulan Mahasiswa

0
11

Tanjung Senang – Mahasiswa dikenal sebagai pemuda yang memiliki semangat juang tinggi, ide-ide cemerlang, serta dapat diandalkan dan sering disebut pula sebagai agent of change. Oleh sebab itu, generasi tua banyak menaruh harapan akan estafet kehidupan pada pemuda.

Menanggapi pentingnya pemuda sebagai pejuang estafet kehidupan DPD LDII Kota Bandarlampung bekerja sama dengan Forum Mahasiswa Islam (FMI) menggelar agenda rutin setiap bulan yaitu pengajian mahasiswa yang berlokasi di Masjid At-Taubah, Tanjung Senang, Kamis (10/5).

Kegiatan yang mengambil tema “Muhasabah” diikuti sebanyak 140 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Bandar Lampung.

Teknologi berkembang dengan sangat pesat namun sebaliknya krisis moral pun terjadi budaya kerja sama yang dulu dijunjung tinggi kini mulai memudar. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemuda dalam melalukan muhasabah atau lebih dikenal dengan introspeksi diri.

Sikap selalu merasa benar dan tidak ingin disalahkan masih banyak digaungkan oleh kebanyakan pemuda umumnya mahasiswa yang masih mengenal istilah senioritas.

Kisah Raja Fira’un yang mengaku dirinya sebagai  tuhan adalah contoh dari kurangnya muhasabah diri. Ia berfikir kehebatan yang dimiliki hasil usahanya sendiri padahal itu semua karna pemberian Allah. Akibat dari kurang bermuhasabah akhirnya Firaun mati dalam keadaan kafir.

“Perbanyaklah dalam instrospeksi diri jangan merasa diri ini mulia dengan amalan-amalan yang telah dilalukan dan merendahkan orang lain yang terlihat melakukan kedholiman yang belum kita tabayyun”, ujar Ust. H. Harun Al Rasyid yang juga sebagai pengurus Biro Pendidikan Umum dan Pelatihan DPW LDII Provinsi Lampung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.