Home / Dakwah Islam / Pengamalan untuk tidak Memotong Kuku dan Rambut sebelum Idul Adha
sunnah tidak memotong kuku sebelum adha
sunnah tidak memotong kuku sebelum adha

Pengamalan untuk tidak Memotong Kuku dan Rambut sebelum Idul Adha

LDIILampung.com – Tak terasa mau lebaran idhul adha lagi nih, tahukah anda ? Allah menawarkan banyak pahala yang bagi kita sebelum terlaksanannya ibadah kurban, salahsatunya adalah umat islam disunahkan untuk tidak memotong kuku dan rambut 10 hari sebelum idhul adha. Tahun ini (2016) Insya Allah 10 Dzulhijah jatuh pada tanggal 12 September, maka mulai tanggal 1 dianjurkan tidak memotong kuku dan rambut.

Lebih rincinya lagi untuk tidak memotong segala rambut yang ada ditubuhkita, Walaupun bukan merupakan kewajiban bagi kita umat islam, tapi ada baiknya jika kita melaksanakan nyauntuk mengharapkan pahala dari Allah SWT. Pengamanalan ini tertulis dalam hadist Riwayat Muslim :

Dari Ummu Salamah ra, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, Apabila kalian telah melihat hilal bulan dzulhijjah dan salah seorang diantara kalian ada yang hendak berkurban, maka hendaklah ia menahan diri untuk tidak memotong rambutnya dan tidak memotong kukunya sampai ia berkurban. (HR. Muslim).

Sebagai umat islam mari kita amalkan sunnah Rosulullah SAW ini, Semoga pengamalan sunah rosul ini dapat membuat kita semakin dekat dengan Allah dan semakin menghidupkan sunah nabi Nya.

Demikianlah artikel tentang Pengamalan untuk tidak Memotong Kuku dan Rambut sebelum Idul Adha semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Selamat mengamalkan.

Powered by themekiller.com