Home / Berita LDII Lampung / Pengajian Forum Mahasiswa Islam – Best Blessing for Women
Perhiasan terbaik dunia adalah Wanita Solehah
Perhiasan terbaik dunia adalah Wanita Solehah

Pengajian Forum Mahasiswa Islam – Best Blessing for Women

LDIILampung.com – Kamis, 15 Mei 2014 Forum Mahasiswa Islam disingkat FMI mengadakan pengajian tentang kewanitaan dengan tema “Best Blessing for Women”.

Untuk memberikan pemahaman dari segi agama, mahasiswa/i dikajikan betapa mulyanya seorang wanita.

Selain itu, melihat kondisi real kekinian, banyak wanita masa kini melakukan aktifitas diluar rumah dan berhias dengan berlebihan-lebihan, padahal didalam penggalan surat Al-Ahzab ayat 33 diterangkan :

dan hendaklah kamu (wanita) tetap di rumahmu dan janganlah kamu (wanita) berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya……”.

Dari ayat tersebut di atas dijelaskan bahwa seorang wanita seharusnya menetap dirumah, maksudnya bukan tidak boleh keluar rumah, seorang wanita dibolehkan keluar rumah dengan tujuan yang jelas dan urusan yang jelas pula.

Forum Mahasiswa Islam
Forum Mahasiswa Islam

Apabila keluar hanya untuk bersenang-senang maka pilihan yang lebih baik jelas menetap dirumah, dan ketika wanita keluar rumah hendaknya berhias sesederhana mungkin,

Rosululloh menegaskan : “kesederhanaan juga termasuk dalam keimanan, …… sederhana dalam berpakaian”. Tujuannya tidak lain adalah agar para wanita tidak menarik pandangan-pandangan yang diinginkan dari para lelaki, karena dijelaskan dalam hadits lain, bahwa bagi mereka (laki-laki) wanita merupakan fitnah yang berat, seperti yang disabdakan Rosulullah : “tidak meninggalakan aku (Nabi) pada fitnah yang berat bagi laki-laki yaitu perempuan”.

Agar tidak dosa dan mendosakan maka seyogyanya mahasiswi yang tergabung dalam anggota umum FMI dinasehati oleh pemateri (Ust. Harun Al Rasyid) agar berpenampilan, berhias, dan berpakaian sesederhana mungkin sesuai dengan syariat islam.

Forum Mahasiswa Islam
Forum Mahasiswa Islam

Kajian selanjutnya dalam surat Al-Ahzab wanita diperintahkan untuk mendirikan solat, medatangkan zakat, toat kepada Allah dan Rosul-Nya, karena perilaku tersebut merupakan perilaku seorang wanita solihah.

Beruntunglah bagi wanita muslim yang sudah menjalankan kewajiban-kewajiban tersebut, karena wanita – wanita tersebut telah memenuhi syarat untuk menjadi perhiasannya dunia.

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits bahwa “sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita yang solihah”. Sungguh tinggi penghargaan yang diberikan Allah didunia, bagaimana dengan di akhirat? jangan ditanya, sudah pasti surga-Nya.

Dibahas pula sebuah hadits yang merangkan tetang ancaman bagi wanita dimasukan kedalam neraka, seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits.

Nabi diperlihatkan pada neraka oleh Allah, ternyata kebanyakan penghuni neraka adalah wanita. Mereka (wanita) yang masuk neraka adalah istri-istri yang mengkufuri suaminya dengan hanya melihat satu kesalahan dari suaminya.

Oleh sebab itu, bagi para wanita harus pintar-pintar mencari jalannya bersyukur agar selamat dari ancaman neraka.

Setelah mengkaji beberapa hadits tersebut materi yang diberikan kepada mahasiswa/i adalah mulai masuknya paham feminisme pada wanita – wanita muslim dan pada bagian terakhir dilakukan diskusi kelompok. Untuk materi pada bagian kedua dan hasil diskusi kelompok akan dibahas pada bagian selanjutnya, to be continued (Sylvia Farantika/Lines-Lampung).

 

  • Yudha Wiwaha

    Subhanallah…….

Powered by themekiller.com