Home / Dakwah Islam / Mencari Teman Bergaul yang Benar
cari teman bergaul
cari teman bergaul

Mencari Teman Bergaul yang Benar

Dalam bergaul dan bermasayarakat kita dihadapkan dengan berbagai macam karakter manusia, ada yang baik dan buruk, semuanya kita tampung tapi tidak semua yang bisa kita jadikan sebagai teman atau sahabat, misalkan dalam sekolah atau kampus, kita menjumpai banyak ragam karakter individu, secara otomatis diri kita akan menyesuaikan dengan teman yang cocok, jika tidak cocok pasti hanya menjadi kenalan saja. Bener gk ?

Orang yang paling bahagia adalah orang yang memiliki sahabat yang baik (soleh), karena banyak manfaat yang bisa didapatkan salah satunya selalu termotivasi dalam kebaikan, menasehati kita ketika salah, dan jika benar ia mendukung, berjuang dalam jalan Allah dan saling menjaga, manisnya persaudaraan bisa dirasakan. Subhanalloh.

Maka dari itu saya ingin berbagi tips mudah kepada anda untuk mencari dan mendapatkan teman yang baik (soleh dan solehah). Mengingat pentingnya manfaat bergaul dengan orang yang soleh dan solehah. Lansung saja simak ulasannya berikut ini.

 1. Jadilah pribadi yang baik

Seperti hukum tarik menarik, jika kita baik maka orang orang baik akan menghampiri kita begitu juga dengan sebaliknya, ini ibarat bunga yang harum didatangi banyak kupu kupu dan lebah. Logisnya seperti itu. Jadilah pribadi yang baik maka anda akan mendapatkan sabahabat yang baik.

2. Intropeksi diri lebih banyak

Terkadang kita tidak tahu kalu kita banyak salah kepada oranglain, mungkin karena belum ada yang berani nasehatin kita atau masih segan kali ya. Nah maka dari itu intropeksi diri ini melatih diri untuk peka dengan kebaikan, peka dengan kesalahan sendiri berarti anda masih punya hati yang bersih, sifat seperti ini sangat dicintai orang orang yang soleh karena mengedepankan mengoreksi diri sendiri dari pada orang lain.

3. Lebih mengerti dengan keadaan orang lain

Bahasa kerennya adalah give and give yaitu saling memberi satu sama lain, mulai dari hal yang sederhana saja, dengan memberi adalah simbol perhatian kita kepadanya dan sebagai bentuk kita memperlakukan baik kepadanya, jika kita memperlakukan baik kepada orang lain maka kita akan diperlakukan baik pula, baik dengan orang lain atau dengan orang yang sama.

Dengan ini insya Allah kita mudah mendapatkan teman yang seleh dan persahabatan dengan orang soleh akan terasa manisanya, mengingat pentingnya hal tersebut maka saya sedikit memberikan dasarnya,  Perhatikan dalilnya :

مِنْهُ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً ، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَة

Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628

 

المرء على دين خليله فلينظر أحدكم من يخالل

Agama Seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Daud )

Dan saran saya dalam mencari teman bergaul hendaklah mempertimbangkan hal berikut: orang yang berakal, memiliki akhlak yang baik, bukan orang fasik,bukan ahli bid’ah, dan bukan orang yang rakus dengan dunia. 

Powered by themekiller.com