Home / Artikel Umum / Makna Kata Uff Kepada Orang Tua

Makna Kata Uff Kepada Orang Tua

Dalam Al-quran Allah telah melarang hambanya untuk berkata kasar kepada orang tua bagaimana pun keadaannya, dan juga tidak ada alasan yang dibenarkan bagi seorang anak untuk membangkang kepada orang tua baik secara lisan maupun perbuatan meskipun orang tuanya dalam keadaan kafir. Dan pada dasarnya mentaati perintah orang tua itu wajib hukumnya selama tidak bertentangan dengan aturan syariat. Jika diperintah maksiat maka sikap kita harus menolak dengan penolakan yang baik dan mulia.

Allah berfirman : Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “uff” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. al-Isra: 23).

Dalam sebuah ayat dijelaskan janganlah kamu berkata uff pada orang tua, pertanyaannya apakah yang dimaksud uff ini.

Yang di maksud “Uff” adalah sesuatu yang remeh, atau bisa juga dikatakan menganggap remeh terhadap perintah orang tua dan cenderung enggan melaksanakannya, kata uff ini juga berarti kata-kata yang tidak enak didengar jika diucapkan, perkataan yang buruk dan yang tidak disukai orang tua.

Ayat ini mengajarkan kita betapa pentingnya memuliakan orang tua, karena sebab merekalah kita bisa hidup didunia dan bisa eksis sampai sekarang. Terlebih bagi ibu yang sudah megandung, melahirkan dan merawat kita. Maka ada sebuah doa untuk orang tua yang artinya “Ya Tuhan kami ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangiku sejak kecil”.

Kepada Allah kami mohon pertolongan.

Semoga bermanfaat.

Powered by themekiller.com