Home / Berita LDII Lampung / LDII Kolaborasi dengan Dandim dan Kesbangpol Tanggamus Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan
suasana seminar wawasan kebangsaan ldii kabupaten tanggamus
suasana seminar wawasan kebangsaan LDII Kabupaten Tanggamus kerjasama dengan Kodim 0424 Tanggamus

LDII Kolaborasi dengan Dandim dan Kesbangpol Tanggamus Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan

Tanggamus – DPD LDII Kabupaten Tanggamus bekerjasama dengan Dandim 0424 Tanggamus dan Kesbangpol Kabupaten Tanggamus menggelar seminar wawasan kebangsaan. Hal ini demi menghadapi globalisasi yang telah menjadi keniscayaan.

“Globalisasi yang menjadi keniscayaan harus disikapi dengan bijak. Nilai-nilai kebangsaan harus diterapkan sesuai dengan adat budaya bangsa. Maka perlu diupayakan dengan sungguh-sungguh gerakan untuk memperkokoh rasa cinta dan bangga pada bangsa dan negara,” ujar Bupati Tanggamus yang diwakili oleh H Hamdan, SH Staf Ahli Bidang Hukum dan politik Kesbangpol Kabupaten Tanggamus saat membuka acara.

Syahril Muin, A.Md menguatkan pada seminar yang digelar di Aula Jenderal Sudirman, Dandim 0424 Tanggamus pada Kamis (19/9) agar kita dapat memahami pentingnya wawasan kebangsaan melihat fenomena yang terjadi saat ini.

“Wawasan kebangsaa menjadi rambu-rambu dalam menjalani kehidupan. Jangan ada yang berpikir untuk menceraikan bangsa Indonesia. Jangan sampai terjadi kemerosotan wibawa bangsa dan krisis kepribadian bangsa. Maka mari tanggulangi dengan empat pilar kebangsaan, yaitu pancasila sebagai ideologi atau landasan idiil, UUD 1954 sebagai landasan konstitusi, bhineka tunggal ika dan NKRI harus diamanati sebagai harga mati,” ujar Syahril.

Syahril juga mengajak komponen bangsa untuk membangun ekonomi kreatif dari tingkat paling bawah. “Ekonomi harus difungsikan pada sendi-sendi negara, artinya mulai dari masyarakat terendah dapat menikmati fungsi untuk berkegiatan ekonomi,” ungkap Kasi Politik dan Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Kabupaten Tanggamus ini.

H Achmad Kuncoro, SE, M.BA pemateri dari DPP LDII mengajak seluruh komponen untuk dapat berkontribusi lewat ormas. “Ormas harus difungsikan untuk meningkatkan peran bangsa dan negara sesuai dengan empat pilar wawasan kebangsaan,” ujar Ahmad Kuncoro.

Berbicara masalah penyelesaian hukum di Indonesia. Asep Ammarudin M perwakilan dari Kajagri Kabupaten Tanggamus mengatakan perlu tindakan kuat supremasi hukum. “Supremasi hukum berkaitan dengan naungan semua tindakan, baik masyarakat maupun penyelenggara negara. Artinya kekuasaan kehakiman tidak boleh berada dibawah institusi manapun secara independen. Hukum harus ditegakkan secara umum, non diskriminatif, adil dan pasti,” tegas Amir.

Seminar ini sendiri pada akhirnya diharapkan dapat menjadi wadah dan lecutan komponen bangsa untuk dapat memahami tupoksi, hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang mencintai bangsanya. Hadir dalam acara ini perwakilan dari Kesbangpol Kabupaten Tanggamus, Dandim 0424 Tanggamus, Kajagri Kabupaten Tanggamus ormas keagamaan, Senkom Mitra Polri, Sako Sekawan Persada Nusantara, Remaja Islam Masjid, MGMP Kabupaten Tanggamus dan perwakilan OSIS dan SMA di Kabupaten Tanggamus.

Turut mendampingi Sekretaris DPW LDII Provinsi Lampung Drs H Heri Sensustadi, dan Dewan Penasehat DPW LDII Provinsi Lampung H Hidayat Habibullah, S.Pd.I dan H Antoni Prawiranegara.

 

Powered by themekiller.com