LDII Dukung Aksi Dunia

0
161

Indonesia merupakan negara terpadat keempat dunia. Hal ini menjadikan negara Indonesia tidak dapat terlepas sepenuhnya dari sampah. Dengan demikian, kebersihan adalah hal yang sangat penting.

Menjaga kebersihan adalah salah satu cara merefleksikan keimanan dalam diri. Sebagaimana Allah telah berfirman dalam Al-Quran “Sesungguhnya Allah senang terhadap orang yang bertaubat dan orang yang suci (yaitu menjaga kebersihan)”. Dalam sebuah hadist pun telah disebutkan “Kebersihan adalah sebagian dari iman” yang berarti kebersihan merupakan separuh dari iman kita.

Momen hari kebersihan sedunia (World Cleanup Day) menjadi salah satu gerakan bagi LDII untuk menyemarakkan gerakan kebersihan sedunia. Melalui LDII Peduli, LDII turut andil dalam menggiatkan masyarakat Indonesia, mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten dan juga provinsi supaya dapat berpartisipasi bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

LDII bukan hanya mengenai dakwah, selaras dengan program LDII dalam Rakernas yang akan dilaksanakan pada 11 hingga 13 Oktober 2018 mendatang, salah satu isu yang diangkat adalah pembenahan kebersihan lingkungan.

LDII mendukung penuh setiap kegiatan-kegiatan yang diadakan pada hari kebersihan sedunia ini, baik kegiatan bersih-bersih di sekolah maupun disetiap jalan-jalan di lingkungan masyarakat. LDII secara serentak aktif menggiatkan seluruh lapisan masyarakat sekitar dan juga siswa-siswi sekolah dari semua jenjang, salah satunya adalah di sekolah binaan LDII, Yayasan Nurul Huda Provinsi Lampung.

Yayasan Nurul Huda secara aktif mengadakan kegiatan bersih-bersih di sekolah dan bersama masyarakat sekitar. Ketua Yayasan Nurul Huda Pemanggilan, Lampung Selatan, Prof. Drs. H. Suharno, MS., MSc., Ph.D pada kegiatan World Cleanup Day mengungkapkan “Kita secara nasional telah aktif. Saya berjalan di daerah-daerah perbatasan Indonesia yang terluar itu, memang terlihat gregetnya LDII, terlihat membangun dari sisi kebersihan-kebersihan. Bahkan yang di luar negeri LDII lebih meningkat lagi”.

“Nanti ke depan setelah kita launching kebersihan ini, kita akan wadai, jadi bagian-bagian tertentu itu ada penanggung jawabnya”, ungkap Suharno.

Beliau memaparkan langkah yang akan dilakukannya ke depan, yaitu setelah adanya launcing gerakan kebersihan ini, akan diatur sistem pelaksanaan kebersihan. Akan ada pembagian tugas-tugas tersendiri, seperti kebersihan di bagian WC, kebersihan di bagian lapangan, dan kebersihan di bagian masjid. Setiap tempat akan ada penanggung jawab kebersihannya. Akan diatur secara profesional dan terukur. Tujuannya adalah meningkatkan kekompakan setiap sisi masyarakat. Karena ia melihat, Indonesia merupakan negara yang memiliki sikap gotong royong yang baik.

Demi mewujudkan semangat gotong royong antar warga dan demi perubahan negeri ini agar lebih bersih, LDII terus aktif mendukung gerakan tersebut. Dengan tema LDII untuk bangsa, melalui launcing kegiatan kebersihan ini, diharapkan kepada setiap individu agar memiliki sikap tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan dan juga dapat mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. (Dian Palupi, Ilham, Alvin/LINES Lampung).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.