Home / Dakwah Islam / Kuat itu Mampu Melakukan Hal Ini
Ini-Akibatnya-Jika-Sering-Marah-marah
Ini-Akibatnya-Jika-Sering-Marah-marah

Kuat itu Mampu Melakukan Hal Ini

Huuh, kesal sekali rasanya ketika sedang dirundung masalah, atau ada deadline pekerjaan. Eee, malah rekan kerja tidak memberikan pengertian. Mengganggu, tidak bekerja dengan optimal sehingga pekerjaan kita ikut terbawa, anak rewel, bos mengamuk, lengkap sudah.

Apa yang terjadi?, amarahpun memuncak tak terkendali. Meluap kemana-mana dan pada akhirnya malah merugikan diri sendiri.

Padahal sudah jelas diterangkan dalam Al-Qur’an surat Assyuro ayat 38 bahwa Allah akan memberikan surga pada orang yang memberikan maaf ketika sedang marah-marah.

وَالَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَأَمْرُهُمْ شُورَى بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

“Adapun surga diberikan kepada orang-orang yang menjauhi pada dosa-dosa besar dan jeleknya zina dan orang yang ketika marah-marah namun memaafkan (Surat Assyuro ayat 38)”.

Dikuatkan pula pada surat Ali Imron ayat 133 bahwa seseorang yang mampu menahan amarah merupakan salah satu ciri orang yang bertaqwa.

Jadi bagaimana?, tentu saja kita adalah insan yang menginginkan masuka pada surganya Allah dan ingin terhindar dari siksaan Allah. Maka sudah seyogyanya apapun kondisinya kita harus mampu menahan amarah yang muncul.

Seperti sabda nabi Muhammad SAW dalam HR Bukhori Juz 8 halaman 34 bab Adab menceritakan bahwa orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan pada amarahnya.

“Orang yang kuat bukanlah orang yang besar tenaganya, namun orang yang mampu mengendalikan diri ketika marah-marah (HR Bukhori K Adab Juz 8 Hal 34).

Jadi bagaimana? Tetap ingin marah-marah?. Setelah mengetahui hal tersebut, alangkah baiknya jika kita senantiasa mengingat diri, memarahi diri, bahwa amarah itu adalah hal yang jelek. Tidak sepantasnya orang yang beriman marah-marah (FF/Lines Lampung).

Powered by themekiller.com