Home / Dakwah Islam / Keutamaan Wajibnya Melaksanakan Shalat Jumat Bagi Muslim
ilustrasi melaksanakan shalat
ilustrasi melaksanakan shalat

Keutamaan Wajibnya Melaksanakan Shalat Jumat Bagi Muslim

LDII Lampung – Dalam kehidupan dunia manusia diatur dengan perintah dan larangan dari Allah dan Rosul untuk dapat menyempurnakan agamanya dengan melaksanakan Rukun Islam, tidak hanya itu saja! Manusia memiliki kewajiban lain yang salah satunya melaksanakan Shalat Jum’at bagi orang islam laki-laki. 

Solat jumat merupakan solat yang wajib dikerjakan bagi orang islam laki laki dan tidak diwajibkan bagi wanita (sehingga wanita boleh mengerjakannya), perlu kita ketahui bawah Shalat jumat memiliki keutamaan yang sangat besar, seperti yang telah diterangkan dalam sebuah hadits yang menceritakan bahwa, jika seseorang ingin menghendaki duduk di barisan depan saat jumatan maka harus dengan diundi, semakin cepat semakin bagus, yang awal maka ditulis awal oleh malaikat.

Kewajiban solat jumat bagi laki laki, perhatikan dalil berikut :

قَالَ « الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِى جَمَاعَةٍ إِلاَّ أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوِ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِىٌّ أَوْ مَرِيضٌ ..راوه مسلم

Artinya : Nabi bersabda : solat jumat itu wajib bagi setiap orang islam dalam jamaah,  kecuali 4 golongan, yaitu, budak,  perempuan, anak kecil dan orang yang sakit.

Orang yang sedang  dalam perjalanan pun harus  melaksanakan solat jumat, karena tidak ada hadits secara tegas yang memperbolehkan untuk meninggalkan shalat jum’at, maka dari itu sebaiknya tidak melaksanakan perjalanan pada hari jum’at.

Keutamaan solat jumat adalah diampuni dosanya selama 10 hari, perhatikan dalil berikut :

 

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَدَنَا وَأَنْصَتَ وَاسْتَمَعَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الأُخْرَى وَزِيَادَةُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ وَمَنْ مَسَّ الْحَصَى فَقَدْ لَغَا.   رواه ابن ماجه

Artinya : barang siapa yang berwudhu kemudian membagusi wuhdhunya, kemudian datang solat jumat, dia mendekat dan memperhatikan dan mendengarkan khurbah, maka diampuni baginya apa apa yang ada diantara jumat itu sampai jumat depannya, kemudian ditambah 3 hari, barang siapa yang menyentuh kerikil  maka dia sungguh telah lahan (melakukan hal yang tidak perlu).

Namun perlu anda ketahui bahwa disamping pahalanya yang besar, ada hal hal yang menyebabkan seseorang tidak mendapatkan pengampunan tersebut, perhatikan dalil berikut :

قَالَ « إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ كَانَ عَلَى كُلِّ بَابٍ مِنْ أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ مَلاَئِكَةٌ يَكْتُبُونَ النَّاسَ عَلَى قَدْرِ مَنَازِلِهِمُ الأَوَّلَ فَالأَوَّلَ فَإِذَا خَرَجَ الإِمَامُ طَوَوُا الصُّحُفَ وَاسْتَمَعُوا الْخُطْبَةَ فَالْمُهَجِّرُ إِلَى الصَّلاَةِ كَالْمُهْدِى بَدَنَةً ثُمَّ الَّذِى يَلِيهِ كَمُهْدِى بَقَرَةٍ ثُمَّ الَّذِى يَلِيهِ كَمُهْدِى كَبْشٍ ». حَتَّى ذَكَرَ الدَّجَاجَةَ وَالْبَيْضَةَ فَمَنْ جَاءَ بَعْدَ ذَلِكَ فَإِنَّمَا يَجِىءُ بِحَقٍّ إِلَى الصَّلاَةِ. .رواه ابن ماجه  

Artinya : nabi bersabda : saat hari jumat, para malaikat berdiri didepan pintu masjid, mereka menulis kepada manusia atas kira kiranya kedudukan mereka, yang datang awal maka ditulis awal, , maka ketika imam (khotib) telah naik ke mimbar, malaikat mentup buku catatannya, dan lansung mendengarkan khutbah, maka adapun orang yang datang pertama seperti berkurban unta, dan yang datang kedua seperti berkurban sapi, dan yang datang ketiga seperti berkurban kambing, sehingga nabi menyebutkan ayam dan telur,  barang siapa yang datang setelah imam naik mimbar, maka sesungguhnya dia hanya mendatangkan hak nya solat saja. Tidak mendapat keutamaan solat jumat).

Maka perlu kita perhatikan juga hal hal yang kecil seperti lahan, datang (telat) yaitu setelah imam naik mimbar dan tidak mendengarkan khutbah adalah hal yang bisa membuat anda tidak mendapatkan kekhususan pahala solat jumat.  Jadi hanya menggugurkan kewajiban saja.

Powered by themekiller.com