Home / Pengamalan / Keutamaan Puasa Asyura Tanggal 9 dan 10 Muharram
keutamaan puasa asyura
keutamaan puasa asyura

Keutamaan Puasa Asyura Tanggal 9 dan 10 Muharram

Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT menjumpai bulan Muharram, sebagai bulan diawal tahunnya islam. Didalam bulan Muharram terdapat amalan sunah yang luar biasa bagi yang mengerjakannya yaitu melaksanakan puasa Sunnah pada tanggal 9 atau 10 Muharram, puasa yang disebut dengan Puasa Asyura.

Untuk prakteknya kami sudah menjelaskan sebelumnya, bahwa untuk melaksanakan Puasa Asyura boleh di kerjakan pada tanggal 9 muharram, boleh juga dikerjakan pada tanggal 10 muharram atau melaksanakan puasa 2 hari pada tanggal tersebut. Bagi yang melaksanakan Puasa Muharram atau Puasa ASyura pada tanggal 9 dan 10 maka Allah akan mengampuni dosa orang yang berpuasa 1 tahun sebelumnya.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ؟ فَقَالَ: «يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Dari Abu Qatadah RA, bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang puasa hari Asyura. Beliau menjawab, “(Puasa tersebut) Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu”. (HR. Muslim) 

Jadi jangan lewatkan kesempatan ini, karena secara tidak sadar manusia selalu di goda oleh syaiton untuk mengerjakan Dosa – Dosa. Maka dari itu salah satu cara untuk menghilangkan dosa yang pernah kita kerjakan, maka kerjakanlah Puasa Asyura di bulan Muharram ini.

Semoga Allah SWT selalu memberikan Ridho kepada Hambanya yang bertobat. Untuk senantiasa menghapus dosa – dosa yang pernah dikerjakan. Hingga kemudian kita semua kembali kepada-Nya dalam keadaan bersih dari Dosa dan memasukan kita semua kedalam Surga Firadus. #Amin.

Baca Juga : Cara Melaksanakan Puasa Asyura 

Powered by themekiller.com