Home / Dakwah Islam / Ketika Berselisih Paham, Manakah Rujukan untuk Bertanya

Ketika Berselisih Paham, Manakah Rujukan untuk Bertanya

LDII Lampung – Hampir setiap kehidupan yang kita jalani sejauh ini banyak sekali menimbulkan perselisihan, tidak hanya dari kita saja, tapi juga dari orang lain. Kita sudah sering lihat di televisi atau di media lain banyak perselisihan antara para tokoh masyarakat, tokoh agama tokoh politik dan sebagainya, ini cukup ironis sekali.

Sebenarnya ada satu poin yang harus disadari bagi kita umat Islam, bahwa Allah telah memperingati kita dalam Al-quran masalah berselisih, jangan sampai berselisih menjadikan kita berpecah belah yang berujung terjadinya konflik yang lebih besar.

Perhatikan dalil berikut :

Wahai orang-orang yang beriman! Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul, serta ulil amri diantara kalian. Jika kalian berselisih dalam suatu hal, maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul-Nya. Alquran Dan Assunah) Jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir.Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya”. (QS. An Nisa: 59).

Nah semua hal telah dijelaskan dalam Al-quran, tinggal kita saja yang mendalaminya, itupun jika kita merasa benar-benar beriman pada Allah dan hari akhir seperti yang disebutkan dari dali diatas.

Jika kalian tidak tahu dengan sebuah hukum atau perkara maka tanyakanlah kepada yang lebih kompeten didalamnya, jika masalah agama tanyakan kepada Ulama, jika ingin tahu ilmu dunia maka tanyakanlah kepada Professor jika ingin tahu ilmu masak maka tanyakanlah kepada Koki. Itu semua agar kalian tidak berselisih.

Bertanyalah kepada ahli ilmu jika engkau tidak tahu” (QS. An Nahl: 43)

Sekian semoga bermanfaat.

Powered by themekiller.com