Home / Artikel Umum / Karena Kamu Cantik dari Hatimu

Karena Kamu Cantik dari Hatimu

LDIILampung.com – Layaknya sebuah musim yang datang silih berganti, perkembangan dunia fashion pun juga ikut berubah. Berbicara tentang fashion identik dengan kaum hawa yang feminim, meskipun tak jarang pula terdapat kaum adam yang memiliki ketertarikan tentang perkembangaan fashion, tentunya dengan gaya khas mereka yang maskulin.

Mengingat akhir-akhir ini sangat banyak sekali media social, pertelevisian dan bahkan media cetak memunculkan tentang trend-trend fashion hijab ter up-to-date, mulai dari mix and match baju dan bawahan, style hijab untuk acara formal sampai yang non formal, tutorial make up simple yang lebih soft sampai yang paling bold dan masih banyak lagi..

Apalagi saat ini banyak media yang mendukung para fashion people untuk dapat mengakses dengan mudah mode-mode terbaru yang sedang happening .

Mulai dari instagram, facebook, twitter, youtube dan masih banyak lagi media pendukung nya yang memudahkan setiap orang untuk memperoleh informasi terbaru mengenai dunia fashion.

Dari keanekaragaman gaya berbusana yang ditampilkan oleh media-media tersebut, tidak menutup kemungkinan banyak wanita penasaran dan ingin mencoba semua mode ataupun trend fashion tersebut. Namun ada yang perlu diperhatikan lebih detail lagi, terdapat jenis-jenis gaya berbusana yang kurang sesuai dengan Islam. Kita sebagai wanita muslim memiliki aturan sendiri dalam berpakaian , dimana itu semua bertujuan untuk memuliakan wanita sebagai hamba allah yang penuh keindahan namun perlu dijaga keindahan tersebut agar tidak menimbulkan fitnah.  Seperti yang kita ketahui bahwa sesungguhnya wanita adalah jaring-jaringnya setan dan sudah semestinya kita sebagai wanita untuk menjaga agar hal-hal buruk tidak  terjadi akibat dari kesalahan kita dalam berbusana.

Berikut beberapa etika dalam berbusana bagi seorang muslimah.

  • Menjaga kebersihan

Pakaian yang bersih dan rapi akan mencerminkan karakter dari pemakai nya. Kebersihan disini bukan hanya kebersihan dari pakaian itu sendiri, tentu saja kebersihan diri si pemakai pakaian tersebut juga menjadi poin utama yang perlu diperhatikan. Sudah seharusnya setiap dari kita menjaga kebersihan diri kita.

  • Lihat situasi dan kondisi.

Sudah sepantasnya bagi para wanita untuk tampil rapi dalam berbagai acara, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sesuaikanlah apa yang kita pakai dengan acara yang akan kita hadiri. Pakaian untuk acara formal, pengajian tentunya berbeda dengan pakaian pesta.

  • Mix and match

Berdasarkan poin sebelumnya, menyesuaikan pakaian dengan situasi dan kondisi, kebanyakan orang beranggapan harus membeli pakaian baru untuk setiap event. Ini merupakan anggapan yang salah. Kita bisa menyiasati hal tersebut dengan cara mix and match setiap item fashion yang kita miliki. Secara tidak langsung ini dapat melatih kretaivitas kita untuk dapat memunculkan ide-ide baru dalam berbusana, dan kita juga dapat lebih berhemat. Tentunya kita juga harus memperhatikan aturan-aturan berpakaian yang sesuai dengan syariat islam.

  • Niatkan berpakaian untuk ibadah

Dalam islam tidak melarang berpakaian yang bagus dan indah, nabi menganjurkan untuk memakai pakaian terbaik. Hal ini menunjukkan bahwa sudah semestinya kita untuk dapat berpakaian yang baik, namun terkadang salah penafsiran tentang hal ini terjadi ketika arus modernisasi dengan derasnya mnghantam pemikiran para wanita sehingga memaksa mereka untuk tampil trendy, up to date dan gaya. Ada beberapa hal yang salah dalam penafsiran ini, memakai pakaian yang baik adalah pakaian yang sesuai syariat islam, memiliki nilai estetika kesopanan yang baik, serta menjadikan pemakainya makin tambah imannya karena pakian tersebut. Bukan malah menjadikan pemakainnya sombong dan merasa paling baik diantara yang lain. Apabila kita berpakaian dengan baik, tentu akan memberikan dampak positif bagi lingkungan kita.

  • Jadilah dirimu sendiri

Setiap orang terlahir dengan karakter masing-masing, hal ini juga berhubungan dengan tipe fashion. Kenapa demikian, karena tidak semua gaya berbusana sesuai untuk kita. Sebagai contoh, wanita tipe introvert memiliki gaya berbusana yang berbeda dengan wanita tipe ekstrovert. Jangan memaksakan kehendak untuk mengikuti trend fashion yang tidak sesuai dengan karakter kita. Setiap wanita yang terlahir di dunia ini memiliki keunikan dan kecantikan masing-masing. Pilihlah trend fashion yang sesuai dengan karakter kamu, karena kamu sendiri yang lebih memahami tentang dirimu . Dengan demikian akan lebih memunculkan identitas dirimu, dan tentunya jangan lupa untuk terus perbaiki diri.

Pakaian mampu memperindah seseorang, pemilihan item fashion yang tepat mampu membuat orang menjadi tampak sangat menawan. Namun ingatlah kembali wahai wanita cantik yang dimuliakan Allah, pada hakikatnya yang menjadikan seseorang indah dan menawan bukanlah dari tampilan luar, melainkan dari seberapa besar hati ini meneguhkan diri dalam keimanan. Hati yang bersih, damai, dan teguh dalam keimanan akan memancarkan keanggunan yang sebenarnya. Alangkah indahnya jika setiap wanita mampu menyemimbangkan keindahan lahir maupun batin nya. Mengenali kapasitas diri dan menjunjung tinggi kemurnian hati. Karena kamu cantik dari hatimu. (Milla Vanalita/*)

Powered by themekiller.com