Home / Dakwah Islam / Jangan Menunda Taubat, Karena Tak Tahu Kapan Ajal Datang
taubat nasuha
taubat nasuha - inilah.com

Jangan Menunda Taubat, Karena Tak Tahu Kapan Ajal Datang

Dakwah Islam, LDII Lampung – Setiap insan pasti memiliki sebuah kesalahan baik besar maupun kecil tapi perlu diingat bahwa sebaik baiknnya kesalahan adalah yang ditaubati, karena tidaklah seseorang berbuat kejelekan dan dosa sehingga dia diberikan titik hitam dalam hatinya, hingga akhirnya menumpuk dan menjadikan hati itu hitam dan mati.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sesungguhnya jika seorang mukmin melakukan dosa, maka tertorehlah noda hitam dihatinya. Apabila ia bertaubat dan berhenti dari dosa itu dan memohon ampun kepada Allah, maka hatinya mejadi bersih dari noda tersebut. Apabila dosanya bertambah, maka bertambah pula noda tersebut sampai menutupi hatinya. Itulah noda yang disebutkan oleh Allah dalam firman-Nya : ‘Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup (menjadi noda) hati mereka.” (QS. al-Muthaffifiin: 14) (H.R. Attirmidzi).

Dalam masalah taubat mungkin terlintas sebuah tanda tanya, bagaimana kalau nanti setelah bertaubat mengulangi kesalahan tersebut? jadi taubat sambel dong? atau apakah Allah SWT masih menerima taubat dan mengampuni Dosa?  hal tersebut merupakan pemikiran yang bersumber dari bisikan setan sehingga manusia itu tidak mau bertaubat pada Allah.

Perhatikan dalil yang menyangkut taubat ini, kami akan sampaikan beberapa ulasan masalah tentang taubat, agar kita semua memiliki sebuah keyakinan dan semangat dalam bertaubat, bukankah Allah itu maha pengampun? pertahatikan dalilnya :

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang sungguh sunggguh). Pasti Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. ( Q.S. Albaqarah 222)

Taubat yang diterima adalah taubat nasuha artinya taubat yang sungguh sungguh lahir batin karena Allah dan berjanji tidak akan mengulangi lagi, dan seandainya dosa kita sudah setinggi langitpun Allah akan menerima taubatnya selama hambanya mau bertaubat.

Allah itu mencintai orang orang yang bertaubat dan mensucikan dirinya, segeralah bertaubat atas dosa dosa yang telah diperbuat jangan ditunda, karena Allah tidak akan menerima taubatnya orang yang sakaratul maut.

Perhatikan dalil berikut :

Dan tidak lah taubat itu diterima Allah dari orang orang yang megerjakan kejahatan hingga apabila datang ajal kepada seorang diantara mereka barulah ia mengatakan saya bertaubat sekarang, padahal tidak diterima taubatnya orang yang mati sedangkan mereka dalam kekafiran, bagi mereka kami telah menyediakan siksaan yang pedih. (Q.S. Annisa 18)

Agar hati ini selalu bersih banyaklah membaca istigfar dan solat taubat, insya Allah allah akan selalu mengampuni kita dan menjaga dari perbuatan keji dan mungkar. Maka Segeralah bertaubat ketika memiliki kesalahan, Jangan menunda untuk bertaubat, Karena Manusai Tak Tahu Kapan Ajal Datang.

Powered by themekiller.com