Home / Dakwah Islam / Jangan Malas Mendirikan Solat 5 Waktu
solat lima waktu
solat lima waktu

Jangan Malas Mendirikan Solat 5 Waktu

Allah menurunkan perintah solat kepada Nabi Muhammad secara langsung, dan menjadikan solat sebagai ibadah wajib yang tidak boleh ditinggalkan, dalam riayat lain menjelaskan bahwa barang siapa yang meninggalkan solat maka dia telah kafir, dan dalam riwayat lain menjelaskan pula bahwa hal yang menjadi pembeda antara orang iman dan kafir adalah solat,

Jadi solat 5 waktu adalah hal yang wajib dan tidak boleh ditinggalkan, dan bermalasan dalam mengerjakan solat hukumnya munafik,tapi tahukah anda bahwa ada dua solat yang lebih berat dilakukan oleh orang munafik, Ibnu Hajar mengatakan bahwa semua shalat itu berat bagi orang munafik sebagaimana disebutkan dalam firman Allah, Perhatikan dalilnya.

وَلَا يَأْتُونَ الصَّلَاةَ إِلَّا وَهُمْ كُسَالَى

Dan mereka tidak mengerjakan sembahyang, melainkan dengan malas” (QS. At Taubah: 54).

Shalat ‘Isya dan shalat Shubuh lebih berat bagi orang munafik karena rasa malas yang menyebabkan enggan melakukannya. Karena shalat ‘Isya adalah waktu di mana orang-orang bersitirahat, sedangkan waktu Shubuh adalah waktu nikmatnya tidur. (Fathul Bari, 2: 141).

وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا في العَتَمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوَاً

Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada shala Isya’ dan shalat Shubuh, tentu mereka akan mendatanginya sambil merangkak.” (HR. Bukhari)

Juga dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَ صَلاَةٌ أثْقَلَ عَلَى المُنَافِقِينَ مِنْ صَلاَةِ الفَجْرِ وَالعِشَاءِ ، وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْواً

Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Shubuh dan shalat ‘Isya’. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak.” (HR. Bukhari no. 657).

Zaman nabi Muhammad SAW yang ketika itu ada yang mengaku menjadi nabi dialah yang bernama Musailamah Alkazzab ketika itu Musailamah menghilangkan dua solat dari solat lima waktu yaitu solat subuh dan isa. Ini benar benar menandakan bahwa sulitnya bagi orang munafik menjalankan solat terutama solat subuh dan isa.

Secara umum jika seseorang ada rasa malas untuk mengerjakan solat maka maka ada bagian kemunafikan dalam dirinya, maka memperbanyaklah berlindung pada Allah dari sfat munafik, karena orang munafik itu berada dalam keraknya neraka.

Semoga Allah selalu melindungi kita semua. Aamiiin.

Sekian sedikit dari kami semoga bermanfaat.

Powered by themekiller.com