Home / Dakwah Islam / Jadikan Aqiqah sebagai Ibadah bukan Gengsi-gengsian
Aqiqah
Aqiqah

Jadikan Aqiqah sebagai Ibadah bukan Gengsi-gengsian

Aqiqah adalah pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai penggadaian  seorang bayi yang dilahirkan. Hukum akikah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunah muakkad, dan ini adalah pendapat jumhur ulama menurut hadist.

Ada yang mengatakan Aqiqah aadalah walimatul ghulam ( makan makan karena kelahiran anak),  sama seperti walimatul ursy ( makan makan karna pernikahan). Sebaiknya dilakukan benar benar 100% syariat, jangan sampai ada unsur gengsi atau pamer didalamnya, mengingat ini adalah bagian dari ibadah.

Imam Ahmad dan Tirmidzi meriwayatkan dari Ummu Karaz Al Ka’biyah bahwa ia bertanya kepada Rasulullah tentang akikah. Dia bersabda, “Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi anak perempuan disembelihkan satu ekor, dan tidak akan membahayakan kamu sekalian, apakah (sembelihan itu) jantan atau betina.”

Pada intinya yang disembelih adalah kambing yang sama spesifiksinya dengan kambing kurban, dimana tidak ada yang cacat fisiknya, terlalu muda, patah kaki dan sebagainya, disamping itu, menyembelih dengan hewan terbaik adalah tanda ketakwaan seorang hamba dan termasuk baiknya seorang dalam menjalankan sunnah.

Seseorang berkemampuan untuk menyembelih 2 ekor kambing bagi ‘Aqأqah anak laki-lakinya, dan satu ekor kambing untuk anak perempuannya. Disunnahkan dilakukan di hari ketujuh setelah kelahirannya, jika tidak mampu dihari ketujuh maka bisa kapan saja semampunya. Perlu digarisbawahi bahwa pastikan setiap anak yang lahir sudah diakikahkan. Perhatikan dalil berikut :

“Setiap anak yang baru lahir tergadai (menjadi tanggungan) dengan aqiqahnya sampai disembelih (aqiqah) itu untuknya pada hari ketujuh, dicukur dan diberi nama.” (HR. Ahmad).

Walimatul ghulam ini juga bisa menjadikan kekurukunan dan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat, mengenalkan anak kepada masyarakat dan didoakan bersama.

Kepada Allah kemi mohon ampun.

 

Powered by themekiller.com