Home / Pengamalan / Ingin Lancar Dalam Segala Urusan, Laksanakan Sholat Dhuha
hukum ibadah sholat itu wajib tidak boleh ditinggalkan
hukum ibadah sholat itu wajib tidak boleh ditinggalkan

Ingin Lancar Dalam Segala Urusan, Laksanakan Sholat Dhuha

LDIILampung.com – Kita sebagai umat Islam harus sangat bersyukur karena Nabi Muhammad SAW telah meneladani umatnya dengan beberapa amalan ibadah yang sangat mudah dilaksanakan namun hasilnya bisa membawa kebaikan dunia akhirat.

Sholat Dhuha merupakan amalan yang sunnah, sholat sunnah yang bisa dilaksanakan 2 rakaat, 4 rakaat atau lebih banyak sekehendak hati kita itu memiliki kefadholan yang besar, yakni apabila kita melaksanakan sholat dhuha pahalanya setara dengan berbagai amalan baik seperti berpuasa, haji, membaca tasbih dan tahmid.

Dan yang paling Istimewa dari keutamaanya sholat dhuha adalah Allah berjanji mencukupi keperluan orang yang mengamalkan pada hari itu juga. Sebagaimana didalam Hadist Abi Daud No. 1286 dan 1289, Kitabu Sholah

حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ بَقِيَّةَ، أَخْبَرَنَا خَالِدٌ، عَنْ وَاصِلٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ عُقَيْلٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ يَعْمَرَ، عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ الدُّؤَلِيِّ، قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ عِنْدَ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ: «يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ فِي كُلِّ يَوْمٍ صَدَقَةٌ، فَلَهُ بِكُلِّ صَلَاةٍ صَدَقَةٌ، وَصِيَامٍ صَدَقَةٌ، وَحَجٍّ صَدَقَةٌ، وَتَسْبِيحٍ صَدَقَةٌ، وَتَكْبِيرٍ صَدَقَةٌ، وَتَحْمِيدٍ صَدَقَةٌ» ، فَعَدَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ هَذِهِ الْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ، ثُمَّ قَالَ: يُجْزِئُ أَحَدَكُمْ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَا الضُّحَى1286

Yang artinya: …. Rasulullah s.a.w. bersabda: “Pagi hari setiap gerak kamu sekalian adalah shodakoh, setiap shalat adalah shodakoh, dan puasa adalah shodakoh, dan haji adalah shodakoh, dan membaca tasbih, dan membaca takbir dan tahmid adalah shodakoh. Maka Raulullah s.a.w. menambahkan: dari semua amal sholih ini, kemudian Nabi bersabda: “Membandingi kalian dari semua amal tersebut dua rakaat waktu dhuha”. (Hadist Abi Daud No. 1286 Kitabu Sholah)

حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ رُشَيْدٍ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنْ مَكْحُولٍ، عَنْ كَثِيرِ بْنِ مُرَّةَ أَبِي شَجَرَةَ، عَنْ نُعَيْمِ بْنِ هَمَّارٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ [ص:28] اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ” يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: يَا ابْنَ آدَمَ، لَا تُعْجِزْنِي مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِي أَوَّلِ نَهَارِكَ، أَكْفِكَ آخِرَهُ1289

Yang artinya: ….Nuaim bin Hamar meriwayatkan: Saya mendengar rasulullah s.a.w. bersabda: “Allah berfirman: Wahai Anak Adam, janganlah kalian mengalahkan padaKu dari empat rakaat dalam awal siang, Aku akan mencukupi kalian pada hari itu”. (Hadist Abi Daud No. 1289 Kitabu Sholah)

Nah, jika ingin lancar dalam segala urusan dunia maupun akhirat dan dicukupi kebutuhannya setiap hari, maka kita harus membiasakan Sholat Dhuha setiap pagi atau awal siang hari.

Powered by themekiller.com