Home / Dakwah Islam / Cintai Karena Kefahaman Agama, Bukan Karena Kekayaan
menikah islam
menikah islam

Cintai Karena Kefahaman Agama, Bukan Karena Kekayaan

Dakwah Islam, LDII Lampung – Dalam  hidup kita selalu dihadapkan dalam berbagai macam pilihan yang penting dalam hidup, termasuk dalam masalah jodoh, banyak dari kaum muda yang saat ini mencari jodohnya dari berbagai macam latar belakang, ada yang mencarinya dari segi ketampanan, kekayaan, keturunan dan ada juga yang karena kefahaman agamanya.

Maka dari itu kami akan memberikan tips mudah kepada kawan kawan semua dalam mencari jodohnya agar tidak salah memilih pasangan hidup yang konon sehidup semati, semua itu bertujuan untuk mencari kebahagiaan dan ketentraman  dunia akherat. Perhatikan dalilnya :

“Dan di antara tanda kekuasaan Allah ialah Ia menciptakan bagimu istri-istri dari jenismu sendiri agar kamu merasa tenteram denganya.” (QS. Ar Ruum: 21)

Mungkin ada yang bertanya? bagaimana caranya untuk menapatkan pasangan yang bisa membawa saya pada kebahagiaan dunia akhirat ? jawabannya gampang, pilih dia atas dasar agama, pilih yang mempunyai kefahaman agama yang kuat. Karena berdasarkan dalil berikut :

Wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim).

Memang pada dasarnya kita butuh pasangan kita itu cantik atau ganteng mapan rupawan dan sebagainya, tapi itu semua tidak lebih penting dibanding agamanya,  banyak laki laki atau perempuan terpesona dengan kehidupan dunia, menjadikan dunia seolah tujuan utamanya berati dia belum kuat agamanya.

Maka hati hatilah dalam memilih pasangan hidup, kenali dirinya dengan cara yang benar dan nilailah dia dengan agama, jika tidak maka kalain akan merugi. Perhatikan dalil pendukung nya sebagai berikut :

Barangsiapa yang menikahkan anaknya karena silau dengan kekayaan laki laki meskipun buruk agamanya dan akhlaknya, maka tidak akan pernah pernikahan itu diberkahi Nya,, barangsiapa yang menikahi seorang wanita karena kedudukannya maka Allah akan menambah kehinaan kepadanya, barang siaa yang menkahinya karena kekayaan maka Allah menambah pada kefakiran, dan barang siapa yang menikahi wanita karena bagus nasabnya maka Allah akan menambah kerendahan/hina kepadanya, dan barang siapa yang menikahi wanita karena ingin menjaga pandangan dan nafsunya dan mempercepat kasih sayang  maka Allah memberikan berkah dan menambah keberkahan itu kepadanya. (H.R. Thabrani)

Maka dari itu cintailah dia karena agamanya adapun yang lain itu plus plus plusnya, untuk bahagia anda tidak perlu mencari orang yang sempurna, tapi carilah orang yang berpegang teguh pada agama maka anda akan bahagia karena orang yang faham agama akan selalu mendapat kebaikan dari Allah SWT,

“Orang yang dikehendaki oleh Allah untuk mendapat kebaikan akan dipahamkan terhadap ilmu agama.” (HR. Bukhari-Muslim).

One comment

  1. Andrian Muhamad Yusup

    Assalamua’laikum, pak mau tanya, Insyaallah saya ingin lamar seorang perempuan tp kami berusaha untuk tidak saling berharap & menggantungkan semua keperluan kami hanya kepada Allah, kami juga belum pernah bertemu hanya chat alakadarnya . Apakah itu termasuk mencintai karena kepahamannya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Powered by themekiller.com