Home / Pengamalan / Cara Mempertajam Ingatan dengan Melaksanakan Shalat Khifdzi
perempuan sedang shalat
perempuan sedang shalat

Cara Mempertajam Ingatan dengan Melaksanakan Shalat Khifdzi

LDIILampung – Manusia merupakan makhluk sempurna yang Allah ciptakan dibandingkan dengan makhluk lainnya. Manusia dianugerahkan kemampuan untuk berfikir  melalui sebuah organ yang biasa kita kenal dengan otak. Kemampuan berfikir itulah yang membedakan antara manusia dengan hewan. Dengan kemampuan itu manusia bisa mempelajari  ilmu-ilmu pengetahuan , mengingat ilmu-ilmu tersebut dan mengaplikasikan ilmu tersebut dalam kegiatan sehari-hari untuk mendapatkan keutamaan dari Allah SWT.

“Belajar / mencari ilmu” telah menjadi keharusan bagi setiap manusia, mulai dari anak-anak hingga dewasa bahkan orang tua sekalipun atau biasa kita kenal dengan istilah belajar sepanjang hayat. Keharusan kita untuk belajar sepanjang hayat ini telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW :

اُطْلُبُوْا العِلْمَ وَلَوْ في الصِّينِ

“Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri China.”

Dalam belajar sesuatu tentu tidak terlepas dari proses mengingat. Kemampuan mengingat dapat menjadi indikator pencapaian seseorang dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan.

Kemampuan mengingat yang baik tentunya akan sangat mendukung seseorang dalam memahami ilmu-ilmu yang sedang dipelajari. Namun seiring pertambahan usia, tidak menutup kemungkinan terjadinya penurunan daya ingat seseorang. Kemampuan berfikir pun juga akan melemah. Seperti sebuah istilah yang berbunyi “belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu, belajar di waktu tua bagaikan mengukir di atas air”. Istilah tersebut menggambarkan bahwa betapa berharganya masa emas bagi anak-anak untuk belajar sejak dini, anak-anak masih memiliki daya ingat yang baik sehingga mudah untuk mengingat sesuatu, akan sangat berbeda saat kita belajar di usia remaja atau menginjak dewasa bahkan ketika tua.  Hal ini sesuai dengan pertumbuhan otak kita , bahwa semakin tinggi usia secara fungsional kemampuan otak akan mengalami penurunan, sehingga banyak diantara manula yang mengalami pikun.

 

Layaknya sebuah pisau, otak manusia jika tidak sering dipergunakan maka akibatnya akan sulit untuk mengingat. Namun jika sering dibiasaakan untuk belajar  maka akan lebih mudah otak itu dalam mengingatnya. Begitu pula dengan pisau, jika tidak sering digunakan maka akan tumpul pisau itu, namun jika terus digunakan maka pisau tersebut akan semakin tajam.

Seperti diriwayatkan dalam hadist :

Suatu ketika datanglah abi hasan kepada nabi , waktu itu  abi hasan mengeluhkan tentang kesulitannya untuk menguasia pada al-qur’an. Akhirnya nabi menyarankan abi hasan untuk melaksanakan sholat Khifdzi

Sholat khifdi merupakan salah satu amalan sholat sunah yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW untuk membantu meningkatkan kemampuan fungsional otak berkaitan dengan proses mengingat, yang tentunya dapat meningkatkan kemampuan intelegensi seseorang. Sholat Khifdzi berjumlah 4 rakaat dan dilaksanakan pada 1/3 malam yang akhir di setiap malam jum’at. Sholat khifdi dilaksanakan sebanyak 3, 5, 7 kali malam jum’at (sesuai dengan kemampuan masing-masing).

Adapun tata cara sholat Khifdzi adalah sebagai berikut:

Rekaat 1 à Al-Fatihah + Surat Yasiin

Rekaat 2à Al-Fatihah + Surat Dukhon

Rekaat 3 à Al-Fatihah + Surat Sajadah

Rekaat 4 à Al-Fatihah + Surat Mulk

 

Keutamaan sholat Khifdzisangat banyak,  Allah akan memudahkan orang tersebut dalam urusan menghafalkan mengingat ilmu-ilmu pengetahuan.

Seperti dalam salah satu hadist yang menceritakan bahwa :

Sebelumnya Abi  Hasan membaca 4 ayat lalu lupa. Sedangkan setelah sholat khifdi abi hasan belajar 40 ayat dan setela membaca ayat tersebut seakan-akan allah menghadapkan ayat tersebut di depam matanya. Dan ketika dibacakan hadis maka abi hasan bisa menceritakan kembali tanpa terlewat satu huruf pun.

Subhanaallah, Maha suci allah yang telah menciptakan manusia denga segala kelebihannya dan dengan karunianya manusia dapat mengeksplorasi kemampuannya untuk mendapatkan keutamaan di bumi Allah. (Mila Vanalita/ Lines Lampung)

Powered by themekiller.com