Home / Dakwah Islam / Bertaubat Seorang Anak Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal
Gambar ilustrasi by LINES Lampung

Bertaubat Seorang Anak Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

Ada seorang yang bertanya bagaimana caranya berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal?

Pertanyaan ini mungkin tidak terjadi pada satu orang namun bisa banyak orang, karena hal ini sangat umum terjadi dilingkungan kita.

Cara terbaik seorang anak untuk berbakti kepada orang tua adalah dengan cara mendoakannya. Jika sang anak sudah terlanjur durhaka kepada orang tuanya maka tugas sang anak adalah taubat dengan cara menyesali perbuatannya, berjanji tidak melakukannya lagi dan memohon ampun kepada Allah dan tetap berupaya untuk menjadi anak yang soleh, karna hanya doa anak yang soleh yang bisa sampai pada orang tua. Dan inilah salah satu bakti seorang anak. Perhatikan dalil berikut :

“Apabila seseorang mati, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim ).

Dan dari hadist lain diceritakan seperti ini :

Dari Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan, ‘Ketika kami sedang duduk bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba datang seseorang dari Bani Salamah. Orang ini bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah masih ada cara bagiku untuk berbakti kepada orang tuaku setelah mereka meninggal?’ Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Ya, menshalatkan mereka, memohonkan ampunan untuk mereka, memenuhi janji mereka setelah mereka meninggal, memuliakan rekan mereka, dan menyambung silaturahmi yang terjalin karena sebab keberadaan mereka.” (HR. Abu Daud 5142).

Diantara fenomena yang sering kita jumpai di masyarakat, ada beberapa anak yang memiliki hubungan dekat dengan kerabat atau teman dekat orang tuanya. Namun ketika orang tuanya meninggal, kedekatan ini menjadi pudar, bahkan terkadang terjadi permusuhan.Karena itu, salah satu bentuk berbakti kepada orang tua yang tingkatannya sangat tinggi adalah menjaga hubungan silaturahmi dengan semua keluarga yang masih kerabat dengan orang tua kita dan orang-orang yang menjadi teman dekat orang tua.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bentuk kebaktian kepada orang tua yang paling tinggi, menyambung hubungan dengan orang yang dicintai bapaknya, setelah ayahnya meninggal.” (HR. Muslim no. 2552).

Kesimpulannya, jadilah anak soleh yang mendoakan orang tuanya dan menyambung silaturahim atas kerabat kedua orang tuanya.

Kepada Allah kami mohon Ampun

Semoga bermanfaat.

Powered by themekiller.com