Home / Artikel Umum / Berqurban adalah salah satu Ibadah yang paling disukai oleh Allah Swt
pemotongan-qurban
pemotongan-qurban

Berqurban adalah salah satu Ibadah yang paling disukai oleh Allah Swt

LDIILampung.com – Berqurban adalah salah satu Ibadah yang paling disukai oleh Allah – Qurban artinya dekat , jadi maksudnya menyembelih hewan sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Tak lama lagi kita akan menjumpai hari raya ‘Idul Adha , maka perlu dipersiapkan harta kita untuk membeli hewan qurban.

Hukum Berqurban Wajib bagi yang memiliki harta lebih (kaya). Dan berkurban merupakan sebagai ciri keislaman seseorang.

Untuk itu mari kita berqurban, karena berqurban adalah suatu amalan yang disukai Allah Swt dan juga dapat membersihkan dosa bagi yang berqurban, tentunya dengan niat berqurban karena Allah Swt.

Ada banyak Keutamaan dan Hikmah berqurban pada hari raya Idul Adha, dan ibadah qurban adalah salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah Swt.

Nabi bersabda; “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” HR. Ibn Majah dan Tirmidzi

Kemudian berqurban juga merupakan memori ujian kecintaan dari Allah Swt kepada Nabi Ibrahim Saw, Sebagaimana Ibrahim berkata:

“Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlan, apa pendapatmu?” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, maka kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Kemudian keduanya telah berserah diri dan ibrahim membaringkan anakknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (QS. Ash Shaffat, ayat: 102 – 107)

Maka dari itu persiapkanlah diri kita untuk bisa berqurban di Hari Raya Idul Adha, dengan mengingat seberapa penting berqurban sebagai mana firman Allah swt:

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah.” (QS Al-Kautsar 1-2).

Powered by themekiller.com